alexametrics

Pemerintah Bagikan Sabun Tangan Cair Berbahan Sawit Ke Zona Merah

5 September 2020, 22:24:44 WIB

JawaPos.com – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) menggandeng Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan kegiatan penyerahan sabun tangan cair dan penyanitasi tangan berbahan sawit. Hal itu guna mengurangi penularan wabah Covid-19.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto mengatakan, tujuan program tersebut untuk menurunkan angka perluasan penyebaran virus Covid-19 terutama pada zona merah yang terinfeksi di Indonesia.

“Pemberian hand sanitizer dan hand soap yang berbahan utama sawit (glierol) ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan mencegah tertularnya virus Covid-19 agar tetap sehat dan mampu menekan angka penularan dari virus tersebut,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan implementasi kebijakan. Pihaknya menghasilkan produk kesehatan yang dihasilkan dari salah satu kekayaan alam di Indonesia, melalui penggunaan teknologi yang dihasilkan oleh karya anak bangsa dan melibatkan kegiatan ekonomi rakyat melalui usaha kecil menengah.

Dia menyebut, target program penyebaran produk tersebut berada di daerah-daerah zona merah dari penyebaran Covid-19 di berbagai lokasi di Indonesia. Tercatat, ada sebanyak 12.500 yang akan disebarkan ke masing-masing daerah dengan tingkat kasus tertinggi di Indonesia.

“Jangan membiarkan krisis Covid-19 ini membuahkan kemunduran, tetapi justru harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan,” ucapnya.

Sebagai informasi, BPDP-KS memfasilitasi dukungan pengadaan hand sanitizer, hand soap anti septic, dan anti bakteri untuk wilayah Jabodetabek dengan bekerja sama dengan Badan Layanan Umum Kesehatan di wilayah Jabodetabek.

Selanjutnya, tindak lanjut distribusi akan diberikan kepada rumah sakit yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) sebagai arahan Menteri Keuangan dalam bekerja sama dengan BLU kesehatan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads