alexametrics

Sri Mulyani Perkirakan Inflasi Sepanjang 2020 Sebesar 1,5 Persen

1 Desember 2020, 18:59:36 WIB

JawaPos.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan tingkat inflasi sepanjang 2020 sebesar 1,5 persen. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hal tersebut merupakan angka proyeksi di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, angka inflasi tersebut menjadi yang terendah dalam enam tahun terakhir sejak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Ini sangat rendah dalam 6 tahun terakhir,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (1/12).

Sri Mulyani menjelaskan, rendahnya tingkat inflasi akibat rendahnya sektor permintaan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Dengan demikian, rendahnya laju inflasi di sepanjang tahun ini perlu diwaspadai.

Meskipun demikian, di satu sisi bisa memberikan efek cost of fund lebih rendah. “Tapi tetap perlu hati-hati melihat demand yang harus perlu diperkuat,” ucapnya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan telah terjadi inflasi sebesar 0,28 persen di November 2020. Inflasi terjadi di 83 kota IKH dan 7 kota lainnya terjadi deflasi. Dengan angka inflasi bulanan 0,28 persen, maka inflasi tahun kalender menjadi 1,23 persen dan inflasi tahunan atau YoY menjadi 1,59 persen.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads