alexametrics

Rogoh Kocek Sendiri, Julio Tak Ingin Bajo Sepi dan Mati

13 September 2020, 22:30:14 WIB

JawaPos.com – Kerja keras para pelaku industri Pariwisata akhirnya membuahkan hasil. Terbukti setelah dibukanya objek wisata Labuan Bajo dan sekitarnya pada Juli lalu oleh pemerintah Indonesia, sudah ramai kembali dikunjungi wisatawan.

Salah satu pelaku wisata yang ikut serta dalam usaha itu adalah Rachmat Julio yang merupakan salah satu inisiator kampanye #KembaliBerwisata. Selama beberapa bulan terakhir Labuan Bajo dan objek wisata di kawasan timur Indonesia kini mulai ramai dikunjungi turis lokal dan luar.

Pemilik operator wisata Anjani Trip itu menyebut, untuk mengangkat kampanye #KembaliBerwisata ini, dia rela mengandeng beberapa influencer papan atas seperti Awkarin, Sabai Tama, Keanu dan sejumlah selebgram dan youtuber terkemuka lainnya. Biaya yang dikeluarkan bukan sedikit tanpa suntikan dana dari pemerintah.

“Ini dilakukan hanya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang beberapa bulan ini mati suri akibat pandemi. Kita ingin Bajo bisa bangkit lagi. Dan Alhamdulillah terbukti, Bajo ramai lagi,” kata Julio dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Minggu (13/9).

Julio juga mengaku, tidak sedikit menggunakan uang pribadinya demi mengundang wisatawan datang ke Bajo. Karena membayar para influencer dan publik figur itu tidaklah murah.

“Tapi kini ramai lagi dan kami tentu sangat senang. Para pemilik kapal sudah mulai dapat bookingan, pelaku jasa transportasi sudah mulai bekerja lagi bahkan indsutri perhotelan sudah mulai tumbuh sehingga ekonomi masyarakat kembali bangkit,” kata pemilik Anjani Trip, salah satu agent tarvel terbesar yang beroperasi di Labuan Bajo dan Raja Ampat itu.

Menurut Julio, ada ratusan tarvel agen dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di Labuan Bajo. Karena itu, dirinya berharap, warga Bajo tetap sejahtera karena, mayoritas warga dan keluarga di sana banyak yang menggantungkan hidupnya dari isndustri wisata dan turunannya.” urai Julio.

Lebih lanjut, Julio berharap kampanye #KembaliBerwisata didukung oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan kepada UMKM dan salah satu cara mendobrak kembali perekonomian nasioanl. Selain itu ia berharap kepada seluruh pelaku industri wisata juga harus memiliki jiwa yang sama dan berani untuk melakukan hal ini agar indutri pariwisata dalam negeri bangkit kembali.

“Di setiap destinasi Indonesia harus ada orang yang berani melakukan dobrakan dan pengorbanan. Agar publik ngelirik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Julio berencana akan membuat gelaran acara besar dengan menggandeng 150 travel agen yang ada di Indonesia pada 2-4 Oktober mendatang. “Ini bagian dari kita sebagai pelaku bisnis di industri pariwisata agar semuanya dapat makan yang layak seperti sebelumnya,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi




Close Ads