alexametrics

Dari Gresik, Jelajahi 68 Sungai di Nusantara selama 300 Hari

26 Maret 2022, 04:48:38 WIB

JawaPos.com- Hari ini (26/3) bakal menjadi titik awal sejarah penting bagi kesehatan sungai-sungai besar di Indonesia ke depan. Tim dari Yayasan Ecoton Foundation akan start melakukan Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN). Sebanyak 68 sungai nasional dan strategis akan dijelajahi untuk mengetahui kadar pencemarannya.

Kemarin (25/3), sebelum tim ESN berangkat, digelar tasyukuran dan doa bersama di gedung inspirasi Ecoton, di  Krajan, Kecamatan Wringinanom, Gresik. Sekitar 50 lebih peserta ikut menghadiri acara tersebut. Mereka mahasiswa dari perguruan tinggi di Jatim, komunitas lingkungan, pelajar serta tokoh masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan nobar film Pulau Plastik. Lalu, dilanjutkan penyampaian visi dan misi kegiatan ESN. ‘’Yang akan melakukan perjalanan ESN adalah Pak Prigi Arisandi dan Pak Amirudin Mutaqin,’’ kata Kholid Basyaiban, penanggung jawab acara.

Menurut dia, ESN sangat penting sebagai bagian untuk membumikan isu sungai untuk keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia. Dia pun berharap pada 2024 yang bertepatan dengan pemilu serentak, masyarakat dan pemerintah akan lebih peduli dan sadar. ‘’Kesehatan sungai harus menjadi salah satu titik perhatian serius,’’ ucap alumnus Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura itu.

Dalam cara tersebut juga ada sesi diskusi dan ramah tamah dengan para peserta yang hadir. Lalu, pemotongan tumpeng dan sesi doa bersama menjadi acara inti. Mereka yang hadir berdoa, agar perjalanan ESN berjalan lancar dan selalu diberikan kemudahan-kemudahan oleh Allah SWT. ‘’Memberikan keberkahan dan kemanfaatan,’’ tambah Ariani, mahasiswi psikologi UHT Surabaya yang juga sebagai panitia dalam acara tersebut.

Di akhir acara, dilakukan ceremony pemberangkatan dengan menimbun plastik dan menanam pohon ketepeng di depan gedung inspirasi Ecoton. Tujuannya, plastik dan ketepeng itu akan dilihat perkembangannya setelah tim ESN kembali sekitar 1 tahun ke depan.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: