alexametrics

Risma Siapkan Tes Swab Gratis di Labkesda Surabaya

15 September 2020, 23:03:22 WIB

Jawapos.com – Komitmen Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk menyediakan tes swab bagi warga Surabaya dibuktikan dengan peresmian Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Berlokasi di Jalan Gayungsari, Labkesda ini menyediakan tes swab gratis bagi warga yang sering melakukan perjalanan luar kota.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam peresmian pada Selasa (15/9). “Labkesda dibangun untuk tes swab warga seperti sopir atau pengusaha yang sering ke luar kota dan mungkin datangnya malam-malam, saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Biayanya untuk warga Surabaya gratis,” tutur Risma.

Sementara itu, bila warga luar kota ingin melakukan tes swab bisa membayar tes senilai Rp 120 ribu. Labkesda akan beroperasi selama 24 jam. Harapannya, siapapun yang datang, baik warga Surabaya maupun tidak bisa melakukan tes.

Risma menambahkan bahwa Labkesda mampu menampung ribuan sampel. “Sebetulnya kapasitas 2.000-4.000 bisa sehari. Cuma kami testing-nya 1.000-2.000, karena mengumpulkan orang juga tidak mudah. Meskipun tiap hari ada data yang harus kami testing,” lanjutnya.

Untuk hasil tes sendiri bisa diketahui 2-3 hari. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berupaya untuk mempercepat uji sampel. Tujuannya untuk warga Surabaya yang sering bepergian ke luar kota.

“Misalnya, bagi warga Surabaya yang bekerja menjadi driver. Kemudian pulang dari luar kota. Saya harap bisa kesini dulu utnuk tes. Alatnya sudah disiapkan, paling lama 1 – 1,5 jam. Jadi bisa ditunggu,” mohonnya.

Risma mengatakan bila tes swab negatif, maka warga bisa langsung pulang. “Namun kalau positif, bisa langsung isolasi ke Asrama Haji,” lanjutnya.

Bahkan, Risma sudah menyiapkan dokter untnuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada yang bersangkutan. Tidak sampai di situ. Bila warga memiliki penyakit penyerta (komorbid), maka yang bersangkutan atau diberikan perawatan di rumah sakit.

“Di Asrama Haji untuk Orang Tanpa Gejala. Kalau ada komorbid langsung ke rumah sakit,” tukasnya.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : rafika




Close Ads