alexametrics

Pasien Menumpuk, RSUD dr Soetomo Tambah 200 Bed

13 Juli 2021, 11:05:35 WIB

JawaPos.com – Jumlah pasien Covid-19 di RSUD dr Soetomo terus melonjak. Ruang IGD penuh sesak oleh pasien yang antre perawatan.

Kepala IGD RSUD dr Soetomo dr I.G.B. Adria Hariastawa SpBA(K) mengungkapkan, angka pasien yang masuk IGD lebih banyak daripada biasanya.

”Seperti kemarin (Minggu, 11/7), kami menerima 120 pasien. Hari ini (kemarin, Red) ada 112,” tuturnya. ”Paling banyak berasal dari klaster keluarga,” imbuh dia.

Pasien tidak hanya berasal dari Surabaya. Ada juga yang dari luar Surabaya seperti Sidoarjo. ”Sekarang ini susah. Karena rumah sakit lain menutup IGD-nya, dilimpahkan semua ke kami,” ujar dia.

Mau tak mau pasien bersabar untuk mendapatkan penanganan tim medis. Sebab, jumlah tenaga kesehatan (nakes) juga terbatas. Adria menuturkan, saat ini kapasitas ruangan isolasi sudah penuh. Ada 70 pasien yang dirawat. ”Sebenarnya ada penambahan bed 60 unit. Tapi, itu juga tidak mampu menampung pasien yang datangnya seperti ini,” katanya.

Berdasar catatan Jawa Pos, lonjakan pasien terjadi sejak akhir Juni lalu. Yang terbanyak terjadi pada Sabtu (26/6). RS menerima 458 pasien.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : jar/tau/wan/c19/fal

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads