alexametrics

Lily Yunita Kirim Roti Tiap Hari sebelum Tipu Rp 48,9 Miliar

Kasus Investasi Tanah Bodong
11 Mei 2021, 03:48:12 WIB

JawaPos.com – Lily Yunita punya trik sebelum menipu. Tersangka penipuan Rp 48,9 miliar itu memberi korbannya roti hampir setiap hari. ”Biar dikira orang baik dulu,” ujar Kasubdit Kamneg Polda Jatim AKBP Rofiqoh, Minggu (9/5).

Rofiqoh menjelaskan, tersangka memang punya usaha penjualan roti. Lily pun awalnya mengenal korban karena pernah mendapat pesanan. ”Mungkin tersangka melihat korbannya polos sehingga dijadikan sasaran,” kata alumnus Akpol 2002 tersebut.

Lily, kata dia, berupaya untuk terus menjalin hubungan baik. Di antaranya, rutin mengirimkan roti ke rumah korban. ”Jadinya korban berpikir tersangka tidak akan berbuat jahat saat menawarkan investasi,” jelasnya.

Menurut Rofiqoh, tersangka punya rasa percaya diri cukup tinggi saat menjalankan aksinya. Lily tidak asal menawarkan investasi pembebasan lahan. Dia juga berlagak punya banyak pengalaman. Mengklaim pernah terlibat pembebasan lahan di luar kota.

Lily, tambah dia, tidak lupa mengiming-imingi korban dengan keuntungan besar. Dia menyebut korban bisa mendapat untung lebih dari sepuluh persen dari nominal yang diinvestasikan. ”Janji tersangka, korban akan diberi keuntungan Rp 1,5 juta setiap meter. Nah, kalau tanahnya 10 hektare tinggal dikalikan,” paparnya.

Rofiqoh meminta masyarakat belajar dari penipuan itu. Dia mengimbau warga tidak asal berinvestasi. Apalagi yang melibatkan nominal tidak sedikit. ”Dicek dengan pasti sebelum memberikan uang. Bisa dengan bertanya ke banyak pihak dulu. Jangan asal percaya dengan yang menawari,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c13/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads