alexametrics

Jika Ingin Sewa Pesawat, Tim Indonesia Harus Alokasikan Hampir Rp 1 M

19 Maret 2021, 15:00:48 WIB

JawaPos.com-Ketika mengikuti Asian Leg dan World Tour Finals Januari lalu, skuad bulu tangkis Indonesia diangkut ke Thailand dengan menyewa sebuah pesawat.

Sementara itu, saat ambil bagian di All England 2021, para pemain berangkat memakai penerbangan reguler Jakarta−London.

Nah, perihal pemilihan penerbangan reguler dibanding menyewa pesawat ini memang bikin gaduh. Bahkan, salah seorang anggota legislatif bersuara dan menanyakan alasan PP PBSI tak menyewa pesawat seperti yang dilakukan saat ambil bagian di Thailand.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna kemarin (18/3) menegaskan, persoalan menyewa pesawat tidak berkaitan sama sekali dengan kasus tersebut. Pesawat sewaan dipakai karena tidak ada opsi yang lain.

’’Kami tidak sedang berfoya-foya memakai pesawat pribadi. Kami berlaga membawa nama bangsa, jadi tidak ada urusannya dengan (pesawat pribadi) itu,’’ kata Firman.

Sebagaimana diketahui, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memutuskan menjatuhkan hukuman mundur dari All England bagi pemain Indonesia karena berada dalam satu pesawat dengan penumpang yang terpapar Covid-19.

Karena itu, National Health Service (NHS) Inggris mengirimkan surel kepada 20 dari 24 anggota tim Indonesia agar melakukan isolasi mandiri. Meski, ketika tiba di Birmingham, semua dinyatakan negatif saat menjalani tes.

Keempat nama yang tak mendapat surel dari NHS untuk isolasi adalah Mohammad Ahsan (ganda putra), Irwansyah (asisten pelatih), Iwan Hermawan (Kasubbid sport science), dan Gilang (masseur).

Mengenai pesawat sewaan, Sekretaris Jenderal PP PBSI periode 2016−2020 Achmad Budiharto mengatakan, biaya mencarter pesawat bisa mencapai Rp 1 miliar.

Selain itu, harus ada alasan kuat. Misalnya, tidak ada penerbangan langsung. ’’Menggunakan jasa sewa pesawat jenis Boeing 737 itu mencapai Rp 900 juta. Harga itu bisa naik turun bergantung jarak,’’ tutur Budi.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/dra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads