alexametrics

Abu Dhabi Jadi Tuan Rumah Formula 1 Hingga 2030

9 Desember 2021, 21:00:42 WIB

JawaPos.com – Abu Dhabi akan terus menjadi tuan rumah balapan Formula 1 sampai 2030. Itu setelah Abu Dhabi Motorsports Management (ADMM) memperpanjang kontrak dengan manajemen F1.

Pengumuman tersebut dilakukan hari ini menjelang dimulai rangkaian balapan yang akan menentukan juara dunia Formula 1 2021 besok.

Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi sudah menjadi tuan rumah balapan F1 sejak 2009. Dan tahun ini, untuk kali pertama balapan pemungkas di kalender balap F1 2021 itu akan menjadi saksi sejarah.

Jika Max Verstappen (Red Bull) yang keluar sebagai juara, maka Abu Dhabi menjadi saksi lahirnya seorang juara dunia baru.

Namun apabila Lewis Hamilton yang sukses mempertahankan gelar, maka Yas Marina adalah sirkuit yang memastikan lahirnya rekor baru. Yakni juara dunia terbanyak sepanjang sejarah F1, yakni delapan kali.

Rekor gelar terbanyak sebelumnya dipegang Michael Schumacher, yaitu tujuh kali. Rekor tersebut sudah disamai Hamilton tahun lalu.

”Dengan senang kami memastikan bahwa Abu Dhabi akan menjadi tuan rumah F1 sampai 2030 dengan kesepakatan baru ini. Kami sudah tidak sabar untuk menyaksikan seri terakhir akhir pekan ini, dimana sejarah Formula 1 akan terukir,” ucap CEO dan Presiden F1 Stefano Domenicali.

”Pihak penyelenggara, ADMM, selalu menciptakan tontonan luar biasa untuk balapan pemungkas di setiap tahunnya. Dan dengan melakukan perubahan (layout sirkuit) yang menawarkan balapan yang lebih menarik di Yas Marina,” tambahnya.

Saif Al Noaimi, chief executive of ADMM menambahkan, GP Abu Dhabi terus menarik lebih banyak penonton televisi, baik di dalam negeri atau di wilayah Uni Emirat Arab.

”Kesepakatan jangka panjang ini sekaligus menguatkan komitmen kami untuk terus menyajikan tontonan yang bisa dinikmati oleh mereka yang hadir langsung di sirkuit,” tandasnya.

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads