alexametrics

Ade Putri Paramadita: Sambal Roa Memang Juara

28 Oktober 2020, 14:35:06 WIB

SEBAGAI culinary storyteller, Ade Putri Paramadita sudah merasakan berbagai jenis sambal di Nusantara. Keberagaman olahan sambal di Indonesia pun menunjukkan bagaimana kreatifnya masyarakat kita.

Namun, meski berbeda bahan dan pengolahan, semua jenis sambal itu punya satu kesamaan. Yakni, rasa pedas yang menggigit. Sangat bisa dipahami bagaimana rasa pedas bertautan dengan semboyan bangsa ini, Bhinneka Tunggal Ika.

Dan, dari sekian banyak sambal yang sudah dicoba Ade, salah satu favoritnya adalah sambal roa khas Sulawesi Utara. Yakni, sambal yang diolah dengan campuran ikan roa (Hemiramphus brasiliensis) yang diasap. ’’Saya suka aroma smoky-nya,’’ kata Ade.

Sambal roa pun menjadi bukti bahwa sambal di Indonesia tak hanya beragam soal rasa dan bahan. Tekstur pun bisa berlainan meski jenis sambalnya sama. ’’Di Manado ada sambal roa yang halus seperti saus, ada yang kasar, dan ada yang kering. Semuanya enak,’’ ujar Ade, yang mengaku suka menyantap sambal dengan cara digado alias dimakan begitu saja bak camilan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : len/c18/dra



Close Ads