alexametrics

Paru-Paru Memutih, Tung Dasem Waringin Berjuang Sembuh dari Covid-19

11 Mei 2020, 15:53:56 WIB

JawaPos.com – Tak mudah bagi Motivator dan Pakar Marketing Tung Desem Waringin melewati ujian saat dirinya terbaring di ruang isolasi akibat Covid-19. Namun, dia berhasil melewati masa kritis itu dan kini dinyatakan sembuh dari virus Korona.

Tung masih ingat betul saat 1 April 2020 dirinya masuk masa kritis akibat virus gangguan pernapasan itu. Sebagai motivator, Tung sempat membuat catatan kecil berupa diary atau buku harian mengenai perjuangan kesembuhannya. Seluruh kondisi paru-parunya memutih.

“Saya kritis pada 1 April. Paru-paru saya sudah putih seluruhnya kiri dan kanan. Saya menggigil kedinginan enggak karuan,” katanya dalam konferensi pers virtual, Minggu (10/5).

Dalam situasi antara hidup dan mati saat itu, Tung bahkan sempat menyampaikan pesan-pesan terakhirnya. Dia sudah merasa saat itu adalah saat-saat terakhirnya.

“Saya sempat kirimkan pesan terakhir ke istri saya. Oksigen saya sempat drop,” jelasnya.

Namun yang membuatnya bangkit dan berhasil selamat ternyata adalah pikiran dan mentalnya. Berpikir positif dan optimis membuat Tung berhasil membaik.

“Sampai dokter bingung kok oksigen daya tinggi lagi. Ternyata kuncinya mental itu harus positif dulu,” jelasnya.

Kemudian Tung mengonsumsi banyak air putih selain cairan infus yang dia terima. Menurut Tung, pengalaman yang dia ketahui bahwa jika diinfus tapi kurang minum justru membuat tubuh lebih demam.

“Dan minum air hangat membantu sekali. Lalu kita harus menata hati. Saya sampai bernyanyi-nyanyi kecil di tempat tidur saya. Lalu dokter sampai saya ajak joget bergerak. Saya kirim video ke beberapa orang agar membuat hati saya lebih gembira,” katanya.

Tung menyemangati semua pasien Covid-19 bahwa semua badai pasti segera berlalu. Kuncinya adalah harus tetap bahagia dan optimis.

“Sebab ada penelitian bahwa 275 ribu orang yang diteliti, mereka akan lebih sehat jika mereka bahagia. Itu dilakukan dari 200 studi. Bahkan ada studi pada 180 biarawati di Rotterdam bahwa para biarawati yang bahagia menuliskan catatan mereka di diary, membuat mereka berumur panjang. Kuncinya adalah happiness,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads