JawaPos Radar | Iklan Jitu

Piala Asia U-16 2018

Klasemen Sementara Grup A Piala Asia U-16 2018, Jepang Gusur Malaysia

24 September 2018, 01:11:21 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Piala Asia U-16 2018, Jepang, Malaysia, Klasemen Sementara Grup B
Laga Jepang kontra Tajikistan pada matchday 2 Grup A berakhir imbang 0-0. Namun, Jepang berhak atas puncak klasemen (www.the-afc.com)
Share this

JawaPos.com - Timnas U-16 Jepang menggusur Malaysia dari puncak klasemen sementara Grup A Piala Asia U-16 2018. Itu setelah tim asuhan Yoshiro Moriyama itu bermain imbang 0-0 melawan Tajikistan pada laga kedua Grup A, Minggu (23/9). Jepang berada di puncak dengan 4 poin.

Keberhasilan Jepang menggusur posisi Malaysia tak lepas dari kekalahan tuan rumah dari Thailand pada Minggu (23/9). Malaysia yang pada laga pertama menang 6-2 atas Tajikistan, dipaksa menelan kekalahan dari Thailand pada laga kedua dengan skor 2-4. Thailand sendiri pada laga pertama kalah 2-5 dari Jepang.

Berkat kemenangan itu, Thailand dan Malaysia memiliki poin sama, 3. Thailand U-16 pun membuka asa untuk lolos ke babak selanjutnya. Untuk sementara Thailand berada di posisi kedua lantaran unggul head to head melawan Malaysia.

Hasil pada pertandingan kedua membuat Grup A belum ada yang lolos. Bahkan, keempat tim masih memiliki peluang sama untuk melaju. Pada laga pamungkas, Rabu (26/9), Malaysia akan menghadapi Jepang. Sementara, Tajikistan bersua Thailand. Meski Tajikistan baru mengemas 1 angka, mereka tetap berpeluang lolos andai mampu mengalahkan Thailand. Dengan syarat, Malaysia kalah dari Jepang.

Pastinya, peluang terbesar ada di pihak Jepang. Mereka hanya butuh seri saat bersua Malaysia untuk melaju ke perempat final.

Piala Asia U-16 2018, Jepang, Malaysia, Klasemen Sementara Grup B
Malaysia kalah 2-4 dari Thailand (www.the-afc.com)

Meski memuncaki klasemen sementara Grup A, Moriyama mengaku kecewa karena hanya bermain 0-0 melawan Tajikistan. Namun, dia menilai hasil seri itu tak lepas dari permainan defensif Tajikistan.

"Tajikistan bermain sangat defensif dan kami berjuang keras untuk bisa memasuki area pertahanan mereka. Saya bertanggung jawab dengan kegagalan meraih kemenangan atas Tajikistan karena saya mengganti tujuh pemain yang bertanding melawan Thailand. Saya melakukannya karena ingin memberikan mereka kesempatan," sebut Moriyama.

"Untuk memastikan juara grup, kami harus menang pada laga terakhir grup melawan Malaysia," imbuh Moriyama.

Sementara itu, Malaysia mengakui keunggulan Thailand. Pelatih Lim Teong Kim secara lapang dada menyebut Thailand memang lebih baik. "Selamat untuk Thailand. Tapi, kami tegaskan bermain dengan 10 pemain tidak mudah. Terlepas dari itu, saya mengapresiasi perjuangan pemain di lapangan. Mereka adalah baka-bakat muda yang akan bisa menjadi andalan tim senior. Saya juga tegaskan bahwa kami belum berakhir. Masih ada satu laga sisa di fase grup," beber Lim Teong Kim.

Di satu sisi, pelatih Thailand, Thongchai Rungreangleas, berterima kasih kepada para pemainnya yang telah berjuang untuk meraih kemenangan. Dia memuji respons anak asuhnya setelah pada pertandingan pertama kalah telak dari Jepang.

"Terima kasih untuk semua pemain. Terima kasih juga untuk fans yang mendukung kami. Malaysia adalah tim bagus dan kami sempat kerepotan. Saya akui, kami diuntungkan karena Malaysia kehilangan satu pemain akibat kartu merah. Itu membuat kami memiliki banyak ruang di lini tengah. Kini, kami menatap laga lawan Tajikistan dan saya minta anak-anak berkonsentrasi penuh.

Hasil Pertandingan Kedua Grup A Piala Asia U-16 2018
Thailand 4-2 Malaysia (Suphanat 3, 21, Waragon 57, Apidet 85 - Luqman 12, Kaironnisam 48)

Klasemen Sementara Grup A

Piala Asia U-16 2018, Jepang, Malaysia, Klasemen Sementara Grup B
Jepang sementara memimpin Grup A (www.the-afc.com)

(epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up