alexametrics
Liga 1 2019

Terbaik Pekan Ke-18: Pemain Lokal Lebih Bersinar

22 September 2019, 09:00:27 WIB

JawaPos.com – Pekan ke-18 menjadi ajang pembuktian bagi amunisi lokal. Mereka tampil apik dan mendominasi line-up tim terbaik pekan ke-18 versi Jawa Pos dan Statoskop. Total, ada tujuh pemain lokal yang masuk skuad.

Laga PSS Sleman kontra Semen Padang (13/9) tampaknya akan berakhir imbang. Hingga menit ke-82, belum tercipta gol. Namun, gelandang PSS Sidik Saimima jadi pembeda. Golnya pada menit ke-83 membuat PSS menutup laga dengan kemenangan 1-0.

Karena itu, sangat layak jika pemain 22 tahun tersebut masuk skuad terbaik Jawa Pos dan Statoskop pekan ke-18. Itu adalah gol pertamanya bersama Elang Jawa –julukan PSS. Sidik pun tak bisa menyembunyikan rasa harunya. ”Gol perdana saya persembahkan buat keluarga di Tulehu dan suporter Sleman,” kata mantan gelandang Persebaya Surabaya tersebut. Dia pun bersyukur karena masuk tim terbaik. ”Senang sekali. Tapi, yang penting tim bisa menang,” tambahnya.

Dominasi pemain lokal tidak hanya terlihat di lini tengah. Di lini depan, ada duet Ricky Kayame dan Titus Bonai. Penampilan keduanya memang sangat moncer. Tibo –sapaan Titus Bonai– bahkan mampu mencetak dua gol ketika bersua Persela Lamongan (15/9). Soal gol, dia menilai itu tugas striker. ”Setiap striker pasti ingin mencetak gol,” terang mantan pemain PSM tersebut.

Tibo bukan satu-satunya eks PSM yang masuk skuad. Masih ada Reva Adi dan Wasyiat Hasbullah. Reva tampil apik bersama Perseru Badak Lampung. Sementara itu, Wasyiat gemilang dengan Kalteng Putra.

Bahkan, keduanya selalu menjadi starter di klub baru masing-masing. Penampilan mereka pun memberikan dampak yang cukup apik. Kehadiran Reva membantu memperkukuh pertahanan Badak Lampung yang rapuh di putaran pertama.
Berposisi sebagai bek kiri, Reva rajin melakukan overlap. Bahkan, saat ditahan imbang 1-1 oleh mantan timnya, Reva sukses menciptakan satu assist.

”Alhamdulillah bisa bermain baik di tim baru. Itu bonus lah buat saya. Tapi, di sini, intinya, saya tidak membuktikan kepada siapa-siapa. Saya hanya ingin membuktikan kepada diri sendiri bahwa saya bisa lebih baik,” ucap Reva.

Di sisi lain, Wasyiat yang baru kali pertama hijrah dari PSM juga mampu membuktikan kualitas. Sebagai bek kanan, dia mencatatkan tiga sapuan dan intersep. Selain itu, kesuksesan dribelnya mencapai 100 persen. Akurasi umpannya pun cukup apik, yakni 87 persen.

”Tantangannya, termotivasi untuk meningkatkan kualitas permainan. Apalagi, ini pertama kali saya main di luar PSM,” jelas Wasyiat. ”Intinya, saya cuma ingin memberikan penampilan terbaik saya untuk tim dan semoga bisa selalu lebih baik lagi,” tutur Wasyiat.

Tim Terbaik Pekan Ke-18

Pelatih
Seto Nurdiantoro (PSS Sleman)
Formasi: 4-3-3

Kiper
Wawan Hendrawan (Bali United)
Menit bermain: 90
Penyelamatan: 5
Kebobolan: 0
Sapuan: 1

Bek
Wasiyat Hasbullah (Kalteng Putra)
Menit bermain: 90
Umpan kunci: 1
Intersep: 3
Sapuan: 3

Nick Kuipers (Persib Bandung)
Menit bermain: 90
Gol: 1
Intersep: 2
Sapuan: 7
Melanggar: 7

Alfonso de la Cruz (PSS Sleman)
Menit bermain: 90
Intersep: 5
Sapuan: 9
Total tembakan: 1

Reva Adi Utama (Badak Lampung)
Menit bermain: 90
Umpan gol: 1
Intersep: 1
Sapuan: 1

Tengah
Ambrizal Umanailo (Borneo FC)
Menit bermain: 89
Gol: 1
Umpan gol: 1
Intersep: 1
Total tembakan: 2

Rohit Chand (Persija)
Menit bermain: 90
Gol: 1
Intersep: 3
Sapuan: 2
Total tembakan: 1

M. Sidik Saimima (PSS Sleman)
Menit bermain: 90
Gol: 1
Umpan kunci: 1
Sapuan: 1
Total tembakan: 1

Depan
Titus Bonai (Persipura Jayapura)
Menit bermain: 90
Gol: 2
Umpan kunci: 3
Melanggar: 1
Total tembakan: 6

Fransisco Torres (Barito Putera)
Menit bermain: 90
Gol: 1
Umpan kunci: 2
Intersep: 1
Melanggar: 3
Total tembakan: 1

Ricky Kayame (Arema FC)
Menit bermain: 90
Gol: 2
Intersep: 3
Melanggar: 3
Total tembakan: 3

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/nia/bas



Close Ads