alexametrics
Aktivitas Pemain Bola saat Pandemi Korona

Oktafianus Fernando dan Istri Produksi Tujuh Jenis Sambal dalam Sehari

21 Mei 2020, 17:00:21 WIB

JawaPos.com – Libur kompetisi tidak membuat aktivitas Oktafianus Fernando berkurang. Kini winger Persebaya Surabaya itu punya kegiatan baru. Bikin sambal bareng sang istri, Gabriella Hocky Fitria Loexyanta.

”DULU awalnya ingin buka kafe.” Begitu celetuk Gabriella Hocky Fitria Loexyanta. Bersama sang suami, Oktafianus Fernando, keduanya memang sudah punya angan-angan membuka usaha. Yakni, mendirikan sebuah kafe di Surabaya.

Keinginan membuka usaha itu langsung terwujud. Tapi, bukan mendirikan kafe seperti yang diimpikan, melainkan bisnis berjualan sambal. Semua berawal pada awal Maret lalu. Hocky resign sebagai karyawan di sebuah bank swasta di Surabaya. Alasannya, usia kehamilan Hocky sudah mencapai tujuh bulan.

”Rasanya kaget. Biasanya kerja, terus tiba-tiba nggak ada kegiatan,” jelas perempuan asal Tuban tersebut. Dari situ, Hocky lebih sering menemani sang suami. Termasuk menyiapkan masakan bagi Ofan, sapaan Oktafianus. ”Istri sering bikin sambal. Pas saya makan, rasanya kok enak,” celetuk Ofan. Dari situlah ide bisnis sambal berasal.

Bisnis tersebut mulai berjalan pada 28 Maret lalu. Awalnya, Ofan mampu menjual rata-rata 20 kotak sambal dalam sehari. Tapi, untuk saat ini, produksi sambalnya dikurangi. Bukan karena minim pesanan. Namun, karena kondisi Hocky yang mulai butuh banyak istirahat. Maklum, bulan ini usai kehamilan memasuki sembilan bulan.

”Kadang bangun tidur badan kaku. Aliran darah di tangan nggak kenceng,” jelas Hocky. Ofan sadar akan kondisi sang istri. Hal itulah yang membuat Ofan kini tidak terlalu banyak memproduksi sambal. Maklum, sambal yang dijual memang buatan tangan Hocky. Apalagi, ada tujuh jenis sambal yang diproduksi. Mulai sambal cakalang, ebi, cumi, remis, teri, siput, hingga tongkol.

Dibutuhkan tenaga ekstra untuk memproduksi tujuh jenis sambal dalam sehari. ”Apalagi, yang kerja kan cuma saya dan istri,” kata Ofan. Karena itu, kini mereka menerapkan sistem pre-order. ”Kalau ada yang pesan sambal, baru kami buatkan. Jadi, kami buat sambal sesuai pesanan,” jelas winger jebolan tim internal Indonesia Muda tersebut. ”Sistem pre-order sudah jalan satu pekan ini,” imbuh Hocky.

Meski begitu, Ofan menikmati betul momen membantu sang istri. Ada beberapa tugas yang dia lakoni. Salah satunya memisahkan batang cabai dari buahnya. ”Biasanya saya misahin batang cabai sambil nonton TV. Malah kadang nggak terasa sudah misahin batang cabai sebanyak 5 kilogram dalam waktu 90 menit,” terang pemain 26 tahun itu, lantas terkekeh.

Ofan memang serius untuk mengembangkan bisnis barunya. Bahkan, setelah sang istri melahirkan, dia punya rencana untuk memperbesar usahanya. Banyak pembenahan yang akan dia lakukan. ”Habis lahiran, istri kan sudah mulai produktif. Nanti kami perbaiki semuanya. Bagaimana bikin kemasan yang baik. Kami juga akan terus membenahi kualitas produk,” terang pemain kelahiran 4 Oktober 1993 tersebut.

Bahkan, keduanya bertekad punya toko sambal ke depan. ”Dulu penginnya punya kafe, tapi sekarang yang jalan sambal. Ya, ini (bisnis sambal, Red) harus dilanjutkan,” terang Hocky. Lagi pula, perempuan yang dipersunting Ofan pada 18 Agustus 2019 itu memang hobi memasak. Terlebih, bahan sambal yang didapat juga berasal dari kampung halaman Hocky, yakni Tuban.

”Orang tua istri saya punya lahan cabai di Tuban,” jelas Ofan. Karena itu, Ofan tak perlu pusing soal bahan baku. Apalagi, karena lahan sendiri, harga yang diberikan jauh lebih murah. ”Saya pernah coba beli cabai di Surabaya 5 kilogram. Ternyata kok banyak yang kurang bagus. Akhirnya ambil dari Tuban. Sudah cabainya lebih segar, harganya lebih murah,” tegas Ofan.

Bukan hanya cabai yang didatangkan dari Tuban. Bahan untuk pelengkap sambal seperti cumi, remis, teri, hingga siput juga diambil dari kampung halaman Hocky. Termasuk bawang merah dan bawang putih. ”Keluarga di Tuban sangat membantu,” jelas Ofan. Karena itu, dia bertekad untuk terus melanjutkan bisnis sambalnya. ”Nanti kalau Liga 1 lanjut, saya sudah komitmen bisnis ini (sambal) harus tetap jalan. Udah banyak langganan juga,” kata pemain kelahiran Jakarta itu.

Jika kompetisi kembali bergulir, Ofan mungkin akan merekrut pegawai. Dengan begitu, Hocky tidak sendiri saat memproduksi sambal. Ofan pun nanti kebagian untuk promosi. Termasuk sang adik, Marselino Ferdinan. Keduanya bisa melakukan promosi melalui akun Instagram. Saat ini Ofan hanya mempromosikan sambalnya melalui akun Instagram @sambel_mama_hockey dan di beberapa online shop.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads