alexametrics

Peringkat Indonesia Masih Terpuruk, Peserta Liga 1 Kian Berat ke LCA

15 April 2019, 07:46:14 WIB

JawaPos.com – Konfederasi sepak bola Asia (AFC) kembali merilis peringkat kompetisi di kawasan Benua Kuning. Kompetisi Indonesia, Liga 1, masih berada peringkat bawah sebagai dampak sanksi FIFA beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui, peringkat ini digunakan unutk mengklasifikasikan peserta pada dua turnamen Asia, yakni Liga Champions Asia dan AFC Cup. Dalam rilis terbaru ini, kompetisi Tiongkok jadi yang terbaik setelah melesat ke nomor satu Asia.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Thailand jadi satu-satunya negara yang kompetisinya berada di 10 besar, yakni duduk pada urutan ke-8. Tak jauh dari Thailand, Filipina menempati urutan ke-12.

Liga Singapura sukses menembus 20 besar dengan duduk di posisi 16. Sedang kompetisi Malaysia, meski harus turun dua peringkat tetap mampu ada di urutan 17.

Vietnam ada di posisi ke-22, disusul Myanmar di peringkat 25. Liga 1 sendiri ada pada posisi ke-26. Posisi ini merupakan perhitungan poin selama empat tahun terakhir. Namun, untuk Liga 1, untuk  2016 serta 2017 tak dihitung karena Indonesia terkena sanksi FIFA.

Padahal, dalam dua tahun terakhir, Liga 1 mencetak poin terbaik. Pada 2019 misalnya. Indonesia meraih 2.100 poin, lebih baik dari Malaysia yang cuma catatkan 1.450 poin.

Kondisi ini jelas mempersulit langkah klub Indonesia menuju LCA. Sebab, peringkat tersebut akan membuat juara Liga 1 2019 nanti mengawali perjuangan dari kualifikasi pertama, seperti Persija Jakarta tahun ini. Akan ada banyak pertandingan yang harus dijalani sebelum tampil di babak utama Liga Champions Asia tahun depan.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Indra Eka Setiawan



Close Ads