alexametrics
Transfer

Joao Felix Ditemukan FC Porto, Disempurnakan Benfica, Diincar Atletico

28 Juni 2019, 16:08:08 WIB

JawaPos.com – Seperti kebanyakan pesepak bola bertalenta, darah sepak bola Joao Felix berasal dari keluarganya. Ayahnya, Carlos Sequeira, adalah mantan pemain amatir. Sequeira juga pernah menjadi pelatih fisik. Adiknya, Hugo, yang berusia lima tahun lebih muda, juga pesepak bola. Dia bergabung di tim reserve Benfica.

Sebagaimana dilansir Life Blogger, Felix cilik kecanduan sepak bola sejak belajar jalan hingga menjejak usia 7 tahun. Bersama Hugo, mereka menjadikan ruang keluarga di rumahnya di Viseu, Portugal, sebagai lapangan pertamanya.

Tapi, itu tidak lama. Sadar perabot rumah tangga bisa hancur karena ulah mereka berdua, Sequeira membawa Felix ke sekolah olahraga Pestinhas di Tondel pada 2007. Di sana Felix tanpa ragu langsung memilih sepak bola.

Hanya setahun di Pestinhas, bakatnya diendus FC Porto. Bersama Dragoes, julukan FC Porto, grafik perkembangan Felix mengalami progres selama enam tahun (2008–2014) menimba ilmu. Felix sempat satu tim dengan bek kanan Manchester United asal Portugal saat ini, Diogo Dalot.

Masalahnya hanya satu. Homesick. ’’Jarak antara Viseu dan Porto cukup jauh (sekitar 130 kilometer, Red). Jadi, Felix harus pindah rumah karena dia kelelahan dengan perjalanan jauh setiap hari. Itu belum termasuk kelelahan karena padatnya jadwal latihan,’’ tulis Life Blogger.

Anehnya, meski talentanya menjanjikan dan pernah dipercaya sebagai kapten tim, Porto memilih melepasnya. Alasannya, Felix terlalu kurus. Tapi, sebelum bergabung dengan Benfica, Felix melanjutkan karir juniornya bersama klub kasta kedua Portugal, Padroense, selama setahun.

Benfica pun beruntung akhirnya memiliki Felix. Karirnya melesat. Hanya dalam tiga musim bersama Benfica B, Felix mendapat promosi ke tim utama musim lalu berbekal 7 gol dari 30 laga.

Pada musim debutnya bersama tim utama, Felix juga langsung meledak. Dari 43 laga di semua ajang, dia mencetak 20 gol dan 11 assist. Pada 6 Juni lalu, Felix juga melakukan debut untuk timnas Portugal dalam semifinal UEFA Nations League 2018–2019 melawan Swiss (6/6). Capaiannya makin lengkap karena bersama Cristiano Ronaldo dkk, Felix memenangi UEFA Nations League setelah mengalahkan Belanda 1-0 (10/6).

Tak heran, kini Joao Felix menjadi incaran beberapa klub elite Eropa. Atletico Madrid susah bergerak. Kabarnya, duo Manchester, yakni Manchester City dan Manchester United juga terpikat.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads