JawaPos Radar

Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar di Lampung

21/01/2018, 18:10 WIB | Editor: Mochamad Nur
Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar di Lampung
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pengoperasian tol Bakaheuni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah secara masif terus mengembangkan sejumlah proyek infrastruktur. Kali ini, Presiden Joko Widodo meresmian pengoperasian jalan tol Bakaheuni-Terbanggi Besar di Lampung. Untuk uji coba, jalan tol pertama di Lampung ini, akan digratiskan tanpa tarif sementara waktu.

"Pembangunan infrastruktur sangat penting agar bisa bersaing dengan negara-negara lain. Ketersediaan infrastruktur Indonesia masih sangat kecil bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, baik jalan, pelabuhan, airport dan pembangkit listrik. Dari hal ini, tentu menjadi menjadi fokus kita," kata Jokowi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Minggu (21/01).

Ia mengungkapkan, peresmian ini dilakukan agar jalan tol dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan. Meski ada kendala, seperti pembebasan lahan, lanjutnya, ia ingin agar jalan tol ini selesai sebelum Asean Games berlangsung.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar di Lampung
Presiden Joko Widodo dengan pengawalan mencoba ruas tol baru menggunakan truk (Istimewa)

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar sendiri memiliki dua paket pengerjaan yang telah selesai.

Pada Paket 1, yaitu Bakauheni - Sidomulyo, Segmennya adalah Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun (SS) Bakauheni yang sepanjang 8,9 kilometer (km). Lalu untuk Paket 2 sendiri, dari Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang – SS Kotabaru dengan panjang 5,6 km.

"Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sendiri total panjangnya 140,9 km. Dengan progres konstruksi yang sudah 65,65 persen dan pembebasan lahannya yang telah 95,2 persen, saya optimis dapat terhubung pada Juli 2018. Kita dorong terus agar dari Kayu Agung - Palembang juga bisa segera selesai," katanya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ menjelaskan, proses pembebasan lahan untuk ruas tol Kayu Agung - Palembang sudah di atas 90 persen. Sementara dari Terbanggi Besar ke Kayu Agung, pembebasan lahannya sudah di atas 60 persen.

"Dari sisi pembiayaan, ruas Bakauheni - Terbanggi Besar menelan investasi sekitar Rp 16,8 Triliun. Angka ini dari ekuitas sebanyak 52 persen dan sisanya, 48 persen melalui skema pinjaman perbankan," bebernya. 

(sab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up