JawaPos Radar

Babak 16 Besar

Prediksi Uruguay vs Portugal: Berebut Sebuah Cawan Suci

30/06/2018, 09:41 WIB | Editor: Agus Dwi W
uruguay vs portugal
Uruguay, juara Copa America 2011 akan ditantang Portugal sang juara Piala Eropa 2016. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dua jawara benua bakal berada dalam satu lapangan di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Portugal, juara Piala Eropa 2016, akan menantang juara Copa America 2011, Uruguay. Laga yang tersaji di Stadion Fisht, Sochi, ini akan menjadi pembuktian wakil benua mana yang pantas ke babak berikutnya. Ini merupakan pertemuan pertama kedua tim di ajang Piala Dunia.

Uruguay tengah berada di grafik permainan yang menjanjikan. Setelah menang 1-0 dalam dua laga melawan Arab Saudi dan Mesir, La Celeste tampil nyaris sempurna justru saat bertemu tim yang lebih berat. Tuan rumah Rusia dihajar dengan tiga gol tanpa balas di laga penutup Grup A.

Minggu (1/7) dini hari nanti, pasukan Uruguay ingin melanjutkan tren positif mereka. Dengan sejumlah perbaikan, terutama di lini belakang, pelatih Oscar Tabarez siap memulangkan Portugal dari Rusia.

piala dunia 2018
Uruguay memperbaiki keseimbangan tim untuk menghadapi Portugal. (AFP)

"Kami harus meningkatkan performa dengan cepat, karena laga di babak 16 besar akan sangat sulit," jelas Tabarez di BBC.

"Bagi saya pribadi, cawan suci di sepak bola tak lain dari kata 'keseimbangan'. Ketika kami menyerang, kami harus mampu menyerang (dengan baik). Tapi hal itu tidak muncul dari sebuah perkiraan nggak jelas," imbuh dia.

Menghadapi Portugal memang tidak bisa dilakukan secara sembarang. Meski punya performa yang kurang meyakinkan, Seleccao cenderung tampil lebih baik ketika menghadapi lawan yang seimbang. Terlihat saat mereka menahan seimbang Spanyol tapi juga seri dengan Iran di laga
terakhir.

Kubu Portugal juga menyadari Uruguay bukan lawan yang mudah. Terutama melihat hasil yang diraih di fase grup. Tapi dengan persiapan yang matang, pelatih Fernando Santos yakin skuad asuhannya akan meraih hasil positif di laga dini hari nanti.

"Kami siap untuk menghadapi Uruguay. Apa yang kami telah lakukan adalah untuk mengetahui lawan berat kami dengan baik. Dengan segala hormat, kami menyiapkan diri dengan baik dan berpikir apa yang harus kami lakukan di laga nanti," sebut Santos di laman resmi FIFA.

Menurut Santos, laga melawan Uruguay adalah pertemuan dua tim yang diperkuat banyak pemain hebat. Baik Portugal maupun Uruguay pasti akan sama-sama berusaha meraih kemenangan.

"Saya yakin Portugal (akan) menang. Saya tetap yakin meski Uruguay adalah sebuah tim yang kuat," lanjut dia.

Khusus melawan Portugal, striker Andre Silva punya target tersendiri. Dia ingin menjadi pemain pertama di Piala Dunia yang mampu mencetak gol ke gawang La Celeste.

"Uruguay belum mengalami kebobolan di fase grup. Saya berharap nanti kami menjadi tim pertama yang merusak tembok kuat mereka," kata Andre Silva.

Ada banyak target yang dicanangkan kedua kubu. Target yang bakal membuat laga dini hari nanti bakal menghadirkan tensi tinggi.

Seperti kata Tabarez, keseimbangan menjadi kunci dari laga kali ini. Tim yang mampu menjaga keseimbangan permainan lebih baik, mereka yang berhak menepuk dada di akhir laga.


Pertemuan Terakhir
26/06/96: Portugal 3-0 Uruguay
02/07/72: Uruguay 1-1 Portugal

5 Pertandingan Terakhir Uruguay
25/06/18: Uruguay 3-0 Rusia
20/06/18: Uruguay 1-0 Arab Saudi
15/06/18: Mesir 0-1 Uruguay
08/06/18: Uruguay 3-0 Uzbekistan
26/03/18: Wales 0-1 Uruguay

5 Pertandingan Terakhir Portugal
26/06/18: Iran 1-1 Portugal
20/06/18: Portugal 1-0 Maroko
16/06/18: Portugal 3-3 Spanyol
08/06/18: Portugal 3-0 Aljazair
03/06/18: Belgia 0-0 Portugal

Perkiraan Susunan Pemain
Uruguay (4-4-2): Muslera; Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt; Nandez, Vecino, Torreira, Bentancur; Suarez, Cavani
Pelatih: Oscar Tabarez

Portugal (4-2-3-1): Patricio, Cedric, Pepe, Fonte, Guerreiro, B. Silva, Carvalho, Moutinho, Fernandes, Ronaldo, Guedes
Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Cesar Ramos (Meksiko)
Stadion: Fisht Stadium, Sochi

Prediksi JawaPos.com 
Uruguay menang: 45%
Portugal menang: 35%
Seri: 20%

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up