JawaPos Radar

Grup G

Prediksi Tunisia vs Inggris: Hanya Bagi Mental yang Lebih Matang

18/06/2018, 08:05 WIB | Editor: Agus Dwi W
tunisia vs inggris
Tunisia berpotensi membuat Inggris gigit jari. (Kokoh Praba Wardani/Rofiah Darajat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Inggris bakal lakoni laga pertama di Piala Dunia 2018 dengan tidak mudah. Bukan maksud menyepelekan komposisi pasukan The Three Lions yang penuh dengan pemain muda bertalenta tinggi. Tapi lebih karena Inggris harus menghadapi Tunisia pada Selasa (19/6) dini hari nanti. Performa wakil Afrika tersebut cukup berpotensi untuk memberi kejutan bagi Inggris.

Sebagai tim yang baru kembali merasakan atmosfer Piala Dunia setelah 12 tahun absen, motivasi skuad Tunisia tentu akan sangat tinggi. Hal ini bisa terlihat dari hasil yang diraih skuad besutan Nabil Maaloul selama masa persiapan menuju Rusia 2018.

Pasukan tim berjuluk Eagles of Carthage ini banyak melakoni laga persiapan melawan tim-tim peserta Piala Dunia 2018. Hasilnya cukup memuaskan. Tunisia menang atas Iran dan Kosta Rika. Kemudian menahan imbang Portugal dan hanya kalah tipis dari Spanyol.

timnas inggris
Pelatih Gareth Southgate tengah memantu sesi latihan tim Inggris jelang laga melawan Tunisia. (AFP)

Padahal, Tunisia tak pernah tampil dengan kekuatan terbaiknya dalam menjalani uji coba. Bahkan sejak kualifikasi, Eagles of Carthage sudah harus kehilangan banyak pemain inti akibat cedera. Seperti striker Taha Yassine Khenissi dan playmaker Youssef Msakni. Namun semua kendala itu tak banyak mempengaruhi performa di atas lapangan.

"Kami tengah berada dalam form terbaik," tegas Maaloul kepada Guardian."Kami sangat paham bahwa kami berada di grup yang sangat berat. Tapi kami terus meraih penampilan terbaik, khususnya dalam hal kebugaran. Semua orang sudah melihat hasil kami di laga pemanasan. Kami bakal tercatat dalam sejarah."

Inggris memang patut mewaspadai keyakinan skuad Tunisia. Apalagi mereka sudah menunjukkan diri mampu menyulitkan tim-tim besar Eropa lainnya di laga uji coba. Andai mereka memainkan pola serangan balik dengan sempurna, Inggris bisa dibikin sangat kerepotan di laga nanti.

Memang, skuad The Three Lions juga bisa menurunkan para pemain terbaiknya. Kecuali Marcus Rashford yang masih dalam tahap mengembalikan kebugaran usai sembuh dari cedera, semua pemain Inggris bisa diturunkan pelatih Gareth Southgate.

Inggris sendiri punya catatan apik saat menghadapi tim-tim asal Afrika. Mereka belum pernah kalah dalam 6 pertemuan dengan wakil Afrika di Piala Dunia. Bahkan gawang Inggris tak pernah kebobolan dalam enam laga kontra wakil Afrika tersebut.

Khusus melawan Tunisia, pertemuan terakhir dengan Inggris terjadi di Piala Dunia 1998. Saat itu, Inggris yang didukung pemain muda hebat seperti Michael Owen dan David Beckham membungkam Tunisia dengan skor 2-0.

Inggris hanya perlu lebih waspada terhadap serangan balik Tunisia untuk bisa meraih tiga poin. Namun, jika pertahanan The Three Lions kesulitan menjaga fokus, bukan mustahil mereka akan mengikuti jejak Brasil dan Spanyol yang menjalani laga pertama di Piala Dunia 2018 dengan hasil yang mengecewakan.

Pertemuan Terakhir
15/06/98: Inggris 2-0 Tunisia
02/06/90: Tunisia 1-1 Inggris

5 Pertandingan Terakhir Tunisia
10/06/18: Tunisia 0-1 Spanyol
02/06/18: Tunisia 2-2 Turki
29/05/18: Portugal 2-2 Tunisia
28/03/18: Tunisia 1-0 Kosta Rika
24/03/18: Tunisia 1-0 Iran

5 Pertandingan Terakhir Inggris
08/06/18: Inggris 2-0 Kosta Rika
02/06/18: Inggris 2-1 Nigeria
28/03/18: Inggris 1-1 Italia
24/03/18: Belanda 0-1 Inggris
15/11/17: Inggris 0-0 Brasil

Perkiraan susunan pemain
Тunisia (4-3-3): Mouez Hassen; Yassine Meriah, Syam Ben Youssef, Dylan Bronn, Ali Maaloul; Ellyes Skhiri, Anice Badri, Ferjani Sassi; Fakhreddine Ben Youssef, Wahbi Khazri, Naim Sliti
Pelatih: Nabil Maaloul

Inggris (4-4-1-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane
Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Wilmar Roldan (Kolombia)
Stadion: Volgograd Arena, Volgograd

Prediksi JawaPos.com:
Tunisia menang: 35%
Inggris menang: 55%
Seri: 10%

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up