alexametrics

Hindari Kejahatan Siber, Fitur Keamanan Akun Telegram Ini Bisa Dicoba

2 April 2022, 13:31:10 WIB

JawaPos.com – Di zaman semua informasi bergerak dengan cepat dalam ranah digital, kadang suka lupa dengan isu keamanan data. Di Indonesia, kasus seperti kebocoran data pada sektor pemerintahan, e-commerce, dan aplikasi messenger merupakan kasus yang kerap terjadi karena lalai terhadap isu keamanan data.

Hal ini menjadi sangat berbahaya karena data kita yang bocor dapat diperjualbelikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab hingga disalahgunakan untuk keperluan penipuan serta pencurian identitas. Isu kebocoran data ini juga menjadi fenomena global, di mana ada sekitar 1.862 kasus kebocoran data di seluruh dunia pada tahun 2020 menurut Identity Theft Resource Center’s 2021 Data Breach Report.

Oleh sebab itu, keamanan dalam aplikasi harus menjadi prioritas utama bagi banyak orang. Yang tak luput dari ancaman penjahat siber terkait upaya peretasan adalah platform perpesanan instan atau instant messaging yang kini banyak dipakai masyarakat di seluruh dunia, termasuk salah satunya Telegram.

Salah satu cara untuk menjaga keamanan data adalah melalui fitur bernama end-to-end encryption. Fitur yang sudah banyak tersedia di dalam aplikasi messenger ini akan membuat komunikasi aman karena dapat mencegah pihak ketiga, termasuk platform aplikasi messenger, mengakses data saat data tersebut ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainnya.

Jadi, fitur ini akan membuat percakapanmu aman dari kebocoran data karena hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat pesan yang dikirim. Sebagai salah satu aplikasi messenger yang banyak digunakan, Telegram mengklaim menyadari pentingnya isu keamanan data pribadi penggunanya.

Oleh karena itu, Telegram juga telah mengadopsi teknologi end-to-end encryption yang ada di dalam fitur Secret Chat. Selain menggunakan fitur end-to-end encryption, Secret Chat hanya bisa diakses melalui satu perangkat saja sehingga memudahkanmu untuk melakukan pengawasan terhadap akun dan riwayat percakapanmu.

Cukup klik kontak orang yang ingin Anda kirimkan pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon “more” untuk mengaktifkan fitur Secret Chat-mu.
Selain menggunakan fitur Secret Chat, masih ada beberapa cara lainnya untuk meningkatkan keamanan akun Telegram sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, silakan disimak.

Sembunyikan Nomor Telepon

Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir nomor teleponmu akan tersebar karena ada fitur untuk menyembunyikan nomor teleponmu di Telegram. Meskipun orang asing tidak dapat melihat nomor telepon Anda secara default, pengguna Telegram lain dapat melihat nomor telepon Anda jika nomor telepon mereka tersimpan di telepon Anda dan menyinkronkan kontak Anda dengan Telegram.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: