alexametrics

Ke Trowulan, Emil Dardak Siap Restorasi Situs Kerajaan Majapahit

12 Mei 2018, 21:01:04 WIB

JawaPos.com – Progam Nawa Bhakti Satya yang digagas oleh pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Jawa Timur. Seperti yang diutarakan oleh Pimpinan Komunitas Majapahit, Romo Yogma saat menggelar pertemuan dengan Emil Dardak di Trowulan, Mojokerto, Sabtu, (12/05).

Romo Yogma, menyebut 9 program yang dikemas dalam Nawa Bhakti Satya itu memiliki banyak kesamaan dengan apa yang diperjuangkan oleh komunitas Majapahit.

“Selamat datang Cawagub Jawa Timur, Emil Dardak. Selama ini saya melihat visi misi dan program Beliau banyak yang cocok,” puji Romo Yogma kepada Emil.

Ke Trowulan, Emil Dardak Siap Restorasi Situs Kerajaan Majapahit
Emil Elestianto Dardak berbincang dengan Pimpinan Komunitas Majapahit, Romo Yogma (kedua dari kanan), di Trowulan, Sabtu (12/5) (timses khofifah-emil)

Sementara itu, Emil mengatakan, baginya merestorasi situs Kerajaan Majapahit adalah sesuatu yang penting. Apalagi, Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Jawa Timur.

“Sebagai putra Jawa Timur yang bergerak di pemerintahan, merestorasi Majapahit menjadi sesuatu yang penting,” tegas Emil.

Diterangkan Emil, Trowulan memiliki arti penting bagi Majapahit. Karenanya, meski kekuasaan Majapahit melebihi Indonesia, namun pusat kerajaannya berada di Trowulan.

“Walaupun Kerajaan Majapahit melebihi negara ini, tapi disini (Trowulan) tempat kerajaannya. Harus kita gali potensinya. Mungkin banyak yang tahu Majapahit tapi tidak tahu Trowulan,” pungkasnya.

Dalam kunjungan ini, Emil juga mendapatkan replika lencana Nawa Sanga dari komunitas Majapahit Nusantara. Lencana Nawa Sanga merupakan lencana yang dipakai saat masa Kerajaan Majapahit. Nawa Sanga memiliki nama lain Nawadewata. Nawa Sanga artinya adalah sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dalam agama Hindu Dharma.

Lencana tersebut berwarna emas diberikan langsung oleh salah satu pengerajin yang tergabung dalam komunitas tersebut. Menurutnya, selain Emil, ada satu orang yang mendapatkan lencana Nawa Sanga.

“Selain Mas Emil, satu lagi yang dapat lencana ini adalah Dewa Budjana,” kata pengerajin pada Emil.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Ke Trowulan, Emil Dardak Siap Restorasi Situs Kerajaan Majapahit