alexametrics

Dokter Diperlakukan Baik di Wamena asal Kenakan Identitas

4 Oktober 2019, 14:23:58 WIB

JawaPos.com – Kerusuhan di Wamena juga mendapat perhatian dari civitas academica. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Prof dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengadakan telekonferensi dengan beberapa dokter alumnus UI yang mengabdi di Papua kemarin (3/10).

“Saya apresiasi, masih banyak alumni FK UI di Papua,” tutur Ari di gedung kampus yang berlokasi di Salemba, Jakarta, itu.

Salah seorang yang dihubungi adalah dr Samuel Baso SpPD. Pria yang sejak 1993 mengabdi di Jayapura tersebut mengungkapkan bahwa tidak semua wilayah di Papua rusuh. Masih ada daerah yang aman. Dia menambahkan bahwa para dokter di Papua mendapat perlakuan baik. ’’Asalkan, jangan lupa pakai identitas dokter,’’ ujarnya.

Samuel menyebutkan, tenaga medis di Papua saling membantu. Dia mencontohkan, di Wamena banyak dokter puskesmas yang juga turun ke RSUD Wamena. Di wilayah itu ada 19 puskesmas. ’’Saat kerusuhan, memang banyak warga yang mengalami luka bakar atau terkena senjata tajam,’’ ujar Samuel.

Selain dokter puskesmas, tenaga medis dari wilayah lain pun turun. Para dokter Jayapura, misalnya. Setiap dua minggu mereka bergantian datang di Wamena untuk membantu menangani pasien.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c5/ayi



Close Ads