alexametrics

Dukcapil Longgarkan Layanan Perekaman E-KTP

15 Juni 2020, 22:38:20 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana mulai melonggarkan layanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Masyarakat umum boleh melakukan perekaman dengan syarat melaksanakan protokol kesehatan.

Sebelumnya, melalui Surat Edaran Nomor 443.1/2978/Dukcapil yang diterbitkan 16 Maret 2020, kegiatan perekaman e-KTP ditunda. Layanan hanya diberikan untuk masyarakat yang berada dalam kondisi mendesak.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya melakukan pendekatan yang berbeda-beda untuk tiap-tiap daerah. ”Untuk zona hijau sudah normal baru. Yang zona merah, perekaman dilaksanakan dengan protokol Covid-19 yang ketat,” ujarnya saat dikonfirmasi kemarin (14/6).

Zudan menambahkan, guna menyambut pilkada 2020, pihaknya juga mempercepat pencetakan e-KTP untuk mengganti surat keterangan (suket). Kebetulan, stok blangko e-KTP masih cukup melimpah. Per 4 Juni, lanjut Zudan, sisa suket yang belum dicetak tinggal 525.679 atau 5,6 persen.

”Artinya, sebanyak 94,4 persen suket sudah dicetak menjadi KTP elektronik. Sebanyak 384 daerah sudah tuntas mengganti suket dengan mencetak KTP,” kata dia.

Bagi masyarakat yang masih memegang suket, pihaknya mengimbau agar segera menghubungi dispendukcapil terdekat. ”Blangko sudah tersedia cukup karena dukcapil mendapat tambahan 25 juta keping,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/c9/fat

Saksikan video menarik berikut ini: