alexametrics

Kemenhub: Tidak Ada Angkutan Motor Gratis Pada Mudik Lebaran 2020

12 April 2020, 16:17:25 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian mengatakan untuk mudik Lebaran 2020 tidak ada angkutan motor gratis seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu dikatakan oleh Sekretariat Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi melalui Telekonferensi Pers, Minggu (12/4) yang menyebutkan bahwa program tersebut ditiadakan karena adanya Covid-19.

“Angkutan motor gratis yang selama ini setiap tahun kita programkan, tahun ini kita tunda, untuk kereta api tambahan Lebaran untuk tahun ini kita tiadakan,” katanya.

Kemudian, untuk memastikan tidak adanya penyebaran di stasiun, pihaknya juga melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), misalnya menyiapkan hand sanitizer dan membersihkan kereta api setiap harinya.

“Kita di kereta api juga melakukan langkah-langkah untuk memastikan perjalanan, dan di tempat tujuan, termasuk alat-alat selama perjalanan, semua operator itu mengiktui protokol kesehatan,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya juga berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) juga akan mengurangi jam operasional kereta api terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Terkait jam operasional bahwa dalam peratutran ini disampaikan oleh kepala BPTJ untuk kereta api, kita akan mengoperasionalkan untuk Jabodetabek dari jam 6 pagi sampai 6 sore. Kalau kereta jarak jauh ini akan kita sesuaikan dengan grafik yang ada karena (aktivitasnya) ada yang siang dan sore,” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads