alexametrics

Siswa SD Mulai Jalani Ujian Sekolah Selama Seminggu

11 Mei 2022, 17:25:04 WIB

JawaPos.com- Ujian sekolah (US) untuk sebagai salah satu syarat penentu kelulusan siswa SD mulai berlangsung. Pembelajaran para siswa yang mengikuti US tersebut dalam dua tahun terakhir terdampak akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, Dinas Pendidikan Pemkab Gresik optimistis para siswa lulus 100 persen.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik Pemkab Gresik Nur Maslichah menyatakan, US tersebut dilakukan hingga Jumat besok dengan seluruh mata pelajaran yang diujikan. Sesuai surat edaran (SE) Mendikbudristek 2021, karena ujian nasional ditiadakan, kelulusan ditentukan satuan pendidikan masing-masing.

Karena itu, passing grade untuk kelulusan juga berbeda-beda setiap sekolah. ’’Teknis pelaksanaannya juga ditentukan setiap sekolah. Ada yang menggunakan CBT (computer based test), ada yang tertulis juga,’’ ucapnya.

Ica, sapaan Nur Maslichah, melanjutkan, untuk menentukan siswa yang lulus tersebut, terdapat sejumlah kriteria. Selain ujian sekolah dengan berbagai indikator, siswa harus memiliki sikap yang baik.

Sementara itu, saat ini dispendik menggodok regulasi untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022–2023. Rencananya, PPDB untuk para siswa SD yang saat ini sedang ujian itu dimulai bulan depan.

’’Ya, saat ini ujian, kemudian jangan leha-leha karena harus menyiapkan persyaratan untuk PPDB bulan depan. Karena saat ini tidak bisa menggunakan domisili,’’ tutupnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads