alexametrics

Tetap Cantik Saat di Rumah, Cobalah 4 Resep Alami Perawatan Kulit

24 Maret 2020, 14:55:51 WIB

JawaPos.com – Pandemi virus korona jenia baru atau COVID-19 memaksa semua orang untuk tinggal di dalam rumah saja. Bukan seperti cuti yang menyenangkan. Sebab, informasi seputar virus korona dan kerjaan tak jarang bisa membuat seseorang stres.

Nah, untuk mengurangi ketegangan, cobalah perawatan kulit wajah di rumah. Sebab, kerutan, noda, hingga jerawat bisa muncul akibat stres. Kesehatan mental berpengaruh pada kulit kita.

Terutama ketika kita dalam situasi Work From Home dan Jarak Sosial akibat COVID-19. Dilansir dari Pink Villa, Selasa (24/3), gunakanlah rempah alami di rumah untuk mencoba kulit lebih tenang dan sehat.

1. Beras dan Madu Hilangkan Sel Kulit Mati

Ilustrasi seseorang menggunakan masker berbahan madu. (shutterstock)

Menghapus sel kulit mati akan membuat wajah bersinar. Jadi nanti, setelah wabah selesai, sudah saatnya wajah Anda akan lebih bersinar ketika siap keluar rumah.

Caranya, ambil 2 sendok beras dan giling dengan kasar. Tambahkan madu ke dalamnya untuk membuat pasta kental. Cuci kulit dan oleskan campuran tersebut pada kulit sambil memijatnya dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Cuci bersih dengan air hangat.

2. Tomat dan Yogurt Ampuh Bersihkan Flek

Tomat berfungsi sebagai keajaiban pada kulit. Asam sitrat dalam tomat membantu menghilangkan kotoran dan warna cokelat pada kulit. Sementara yogurt membuat kulit lebih lembab. Menambah manfaatnya, tomat juga membantu mengurangi pigmentasi dan bintik-bintik hitam pada kulit sembari juga membuka pori-pori untuk menghilangkan semua minyak dan kotoran yang terperangkap.

Caranya, cukup campur satu sendok makan yogurt dan bubur tomat masing-masing dalam mangkuk dan oleskan di kulit. Biarkan kering dan bilas dengan air dingin untuk kulit yang lembut, kenyal dan rata.

3. Mentimun, Jeruk Lemon, dan Lidah Buaya Beri Vitamin E

Nutrisi penting yang dibutuhkan kulit adalah dengan bahan-bahan seperti mentimun, lidah buaya, jeruk dan vitamin E (opsional). Dimulai dengan mentimun, yang memiliki kandungan air yang tinggi dan melembabkan kulit.

Sementara asam caffeic di dalamnya membantu melawan dan mengurangi kulit yang meradang atau teriritasi selama Anda bekerja. Dan jeruk, kaya dengan vitamin C yang membantu mengeringkan jerawat sekaligus meningkatkan tampilan keseluruhan kulit. Terakhir, beberapa tetes minyak Vitamin E membantu menyehatkan dan melembabkan kulit dari dalam.

Caranya, campurkan satu sendok pure mentimun dengan ½ sendok jus jeruk. Gabungkan dengan sesendok lidah buaya dan beberapa tetes minyak Vitamin E.

4. Teh Hijau Ampuh Cerahkan Warna Kulit

Teh hijau adalah salah satu metode terbaik untuk digunakan sebagai toner. Digunakan sebagai bahan alami oleh orang Jepang. Kaya antioksidan yang meresap ke dalam pori-pori untuk mencerahkan warna alami.

Caranya, buat teh hijau seperti biasa dan simpan. Setelah dingin, semprotkan ke wajah dengan menggunakan botol semprot. Atau kantong teh hijau yang sudah disimpan di freezer juga bisa ditaruh di mata untuk mengurangi lingkaran hitam di area mata.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads