alexametrics

Ingin Kulit Ketiak Tampak Cerah, Hindari Kebiasaan Bercukur

21 Januari 2022, 11:13:49 WIB

JawaPos.com – Ingin tampil percaya diri saat memakai busana tanpa lengan, biasanya perempuan rutin mencukur area ketiak. Hal itu berdampak pada perubahan warna ketiak menjadi lebih gelap.

Dalam diskusi bersama NIVEA Brightening Range 8 Superfood Deodorant, Dokter Spesialis Kulit dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV, mengatakan kulit ketiak berbeda dengan wajah, yang kerap mendapat perhatian khusus dalam hal perawatan. Padahal, meski jarang terlihat, seiring dengan gaya hidup yang terus berkembang mulai dari banyaknya aktivitas, tingkat stres, beragamnya jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi sampai dengan cara kita berbusana.

“Ketiak yang tidak dirawat dengan baik, selain dapat menimbulkan bau badan juga dapat terlihat kusam hingga menghitam serta bertekstur kasar. Hal ini tentu dapat membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri,” kata dr. Nessya.

Menurutnya, dibandingkan kulit tubuh bagian lainnya, kulit ketiak memiliki ketebalan lapisan kulit, jumlah kelenjar keringat dan folikel rambut yang berbeda. Merupakan area lipatan, tertutup dan sering bergesekan, kulit ketiak rentan iritasi dan berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri, jamur dan organisme tertentu yang seringkali memunculkan masalah-masalah kulit.

Hindari Bercukur

Selain mandi secara teratur, untuk mendapatkan kulit ketiak yang sehat terawat, dr. Nessya juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan bercukur. Ia menyarankan agar menggunakan deodoran.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads