alexametrics

Selain Kebersihan Tangan, Perhatikan Juga Kulit Wajah Selama Pandemi

8 Maret 2021, 21:26:07 WIB

JawaPos.com – Semenjak pandemi covid-19 melanda dunia, orang semakin peduli dengan kesehatan. Mereka berupaya menjaga kebersihan yang dimulai dari tangan. Buktinya hampir Hampir setiap orang mengantongi hand sanitizer jika bepergian.

Di sisi lain, kesehatan kulit wajah juga diperlukan. Sebab, bukan tidak mungkin bakteri hingga di kulit wajah. Maka dari itu, kini makin banyak inovasi terkait kesehatan kulit, di antaranya kosmetik Sheima.

“Kosmetik Sheima ini hadir awalnya memang pada masa pandemi. Tujuannya ingin membuat perawatan kulit agar terlindungi dari bakteri,” kata Rina Nuruna pemilik Kosmetik Sheima di Jakarta, Senin (8/3).

Rina Nuruna menuturkan, pada momentum Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) ini publik diajak semakin peduli terhadap kesehatan diri dan selalu berpikir positif. Di antaranya dengan mengenakan kosmetik yang sesuai di tengah pandemi.

“Kami mengajak perempuan aktif agar selalu berpikir positif sehingga bisa menjadi inspirasi banyak orang di sekitar,” imbuh Rina.

Dia menyadari bahwa hand sanitizer sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat yang ingin beraktivitas di luar rumah. Di sisi lain, perempuan pasti tetap menjaga penampilannya di luar rumah agar tetap sehat. Tidak hanya kesehatan tangan, tapi juga kulit wajah.

Rina menyarankan para perempuan jika menggunakan kosmetik untuk melindungi kulit wajahnya, memakai produk yang mengandung antibakteri, tabir surya SPF 35 PA++, AHA BHA, dan lainnya. “Semua itu jelas mampu merawat, mencerahkan, dan melindungi kulit,” tambahnya.

Dokter Fatimah Zahra, M.Biomed AAM menambahkan, di tengah pandemi ini, selain mensterilkan tangan, wajah juga bagian yang sangat penting untuk dibersihkan. Sebab awal masuknya virus ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata.

“Semua organ tersebut berada di wajah. Ketika kita menyemprotkan face sanitizer ke wajah, setidaknya kita sudah membunuh bakteri dan virus yang menempel di bagian sekitar wajah dan hal tersebut membantu mengurangi risiko Covid-19,” kata dokter Fatimah Zahra, M.Biomed AAM melalui telewicara dari Kota Pagar Alam Sumatra Selatan.

Wajah jika tidak dibersihkan, otomatis kotoran ada di wajah tetap menempel di kulit. Hal itu membuat bakteri berkembang biak dan memicu masalah kulit seperti iritasi, jerawat, hingga bisa jadi kurap atau kudis.

Baca juga: Vitamin Mask dengan Kandungan Garam Laut Bisa Cerahkan Kulit

Selain itu, wajah yang kotor dan kurang bersih tidak akan maksimal menyerap kandungan aktif dari produk skincare. “Jika tidak membersihkan kulit sebelum melakukan skin care rutin, maka produk yang kita gunakan tidak akan bekerja dengan baik, malah bisa jadi menimbulkan masalah dan menambah masalah kulit.”

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads