Hari Batik Nasional 2022 kian Meriah dengan Rekor MURI hingga Pameran

2 Oktober 2022, 19:12:52 WIB

JawaPos.com-Penyelenggaraan Hari Batik Nasional tahun ini kian meriah dengan Peragaan Busana Batik di catwalk terpanjang yang meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) serta pameran batik di sejumlah tempat.

’’Pada acara pembukaan yang sekaligus menjadi puncak acara Hari Batik Nasional ini, diisi dengan Batik Street Fashion Show di sepanjang Jalan Sudirman, tepatnya dimulai dari Bundaran Senayan dan berakhir di depan Mall FX. Kegiatan ini juga akan dicatat oleh MURI sebagai kategori Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang di CFD Sepanjang 600 meter,” kata Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2022 Nini Djan Faridz dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (2/10).

Selain itu, telah dibentangkan pula kain batik sepanjang 450 meter di railing lantai 2 lobi di mal di kawasan Sudirman tersebut. Gita Pratama, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI)–organisasi yang menginisiasi kegaitan ini–,  menambahkan bahwa YBI telah dianugerahi lisensi sebagai anggota Non-Governmental Organization (NGO) UNESCO seiring dengan program UNESCO turut serta mengembangkan visi misi program budaya.

Salah satunya, lanjut Gita, adalah dengan mengadakan kampanye “Sebarkan Kabar Ba(t)ik” melalui suara komunitas, figur pecinta batik, dan kegiatan mempromosikan busana batik di Indonesia. ’’YBI melalui rangkaian acara Hari Batik Nasional bermaksud untuk menyebarkan kabar baik, menyebarkan pandangan baru kepada masyarakat, bahwa batik tidak melulu tentang kegiatan formal, tetapi batik juga bisa dan nyaman untuk dikenakan dalam beragam situasi termasuk kegiatan sehari-hari,” kata Gita.

Adapun rangkaian acara Hari Batik Nasional akan terus berlanjut hingga tanggal 9 Oktober 2022. Para pengunjung mal di kawasan Sudirman yang ingin menambah koleksi batik – batik terbaiknya dapat berbelanja di Pameran Batik yang diikuti oleh 27 perajin batik.

Sementara itu, di tanggal yang sama, yaitu 2 Oktober hingga 9 Oktober 2022, di Plaza Indonesia, YBI juga mengadakan pameran batik koleksi milik YBI. Lebih lanjut pada di sore harinya, YBI menggelar peragaan busana batik di sebuah kafe.

Rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022 ini, akan diakhiri dengan Pameran Batik yang menampilkan 80 koleksi Batik Nitik di Museum Tekstil (Museum Seni), Jakarta Barat, mulai 12 Oktober 2022.

Batik Nitik adalah koleksi batik yang berasal dari Daerah Istimewa Jogjakarta. Motif batik Nitik sepintas menyerupai tenunan, dengan satu warna dominan coklat, yang memiliki arti kesederhanaan dan kejujuran masyarakat Jawa. Keunikan Batik Nitik adalah menjadi satu-satunya motik batik tulis dengan kisah sejarah dan cara membatik yang berbeda dengan batik yang lain. Canting yang digunakan dibelah menjadi 4, dan teknik cara membatiknya adalah dengan diketuk bukan diseret. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads