alexametrics

Buktikan 6 Manfaat Minum Rebusan Daun Jambu Biji Campur Madu

21 April 2019, 09:13:07 WIB

JawaPos.com – Jambu biji atau Psidium guajava Linnaeus adalah buah yang mengandung banyak vitamin C. Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun sudah lama dikenal untuk pengobatan terutama menyembuhkan diare dan pencernaan.

Daun jambu biji diketahui kaya akan nutrisi dan antioksidan, termasuk quercetin dan flavonoid. Untuk merasakan manfaat dari daun jambu biji bisa dengan cara meminum air rebusan.

Rebusan daun jambu biji adalah minuman obat dengan cara merendam daun jambu biji dalam air mendidih. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Pertama, rebuslah air hingga mendidih. Lalu tambahkan segenggam daun jambu biji yang baru dipetik. Selanjutnya, biarkan selama 15 menit. Saring daun dari campuran dan sajikan panas.

Untuk menambah rasa, bisa masukan madu agar lebih enak. Madu juga bisa menambah kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, jika Anda tak sempat membuatnya, kini sudah ada daun jambu biji yang tersedia dalam kantung teh.

Dilansir dari Organic Facts, Minggu (21/4), ada enam manfaat minum rebusan daun jambu biji. Di antaranya,

1. Masalah Perut

Meminum air rebusan daun jambu biji dipercaya bisa mengatasi masalah diare dan perut yang sensitif. Masalah perut tersebut bisa menghilangkan jika secara teratur mengonsumsi air rebusan daun jambu biji.

Rebusan daun jambu biji bisa mengatasi masalah diare. (NDTV Food)

2. Diabetes

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jambu biji memiliki kemampuan untuk mengatur pelepasan gula darah dalam tubuh.

3. Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, rebusan ini dapat melindungi tubuh terhadap aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

4. Perawatan Kulit

Berbagai senyawa fenolik yang ditemukan dalam jambu biji memberikannya antioksidan yang kuat, yang dapat mengurangi oksidasi pada kulit. Selain itu juga mengurangi munculnya keriput dan bintik-bintik penuaan.

5. Penurunan Berat Badan

Dengan sifat penambah metabolisme, rebusan jambu biji dapat membantu mengurangi kalori.

6. Gangguan Tidur

Beberapa bahan di dalamnya diketahui meningkatkan kadar hormon dan menginduksi tidur serta relaksasi.

Peringatan :

Tak dianjurkan untuk wanita hamil, seseorang yang sembelit, dan interaksi dengan obat lain. Bicarakan dulu dengan dokter dan ahli gizi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads