alexametrics

5 Kabupaten di Jatim Jadi Pilot Project Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

28 September 2021, 20:10:28 WIB

JawaPos.comSebanyak lima kabupaten di Provinsi Jawa Timur menjadi pilot project atau percontohan program nasional percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem. Kelima kabupaten tersebut yakni Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Bojonegoro, dan Lamongan.

Pemilihan lima kabupaten tersebut disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin selaku ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dalam Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem bersama gubernur dan bupati/wali kota dari 7 provinsi yang menjadi percontohan atau pilot project program itu secara virtual.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir secara virtual bersama Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim serta kepala bappeda dari lima kabupaten di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (28/9).

Kemiskinan ekstrem mengacu pada definisi Bank Dunia dan PBB, yaitu kondisi dimana kesejahteraan masyarakat berada di bawah garis kemiskinan yakni memiliki pengeluaran per kapita per hari di bawah US $ 1,9 PPP (purchasing power parity). PPP ini dihitung Bank Dunia dengan membandingkan harga komoditas antarnegara.

Program percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem itu merupakan program dari pemerintah pusat. Pada tahap I 2021, ada 7 provinsi yang ditunjuk menjadi pilot project yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Dari 7 provinsi tersebut masing-masing ditunjuk 5 kabupaten/kota sebagai lokus percontohan, sehingga total ada 35 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang menjadi pilot project. Selanjutnya, dari tiap kabupaten tersebut akan dipilih kembali 5 kecamatan dan dari tiap kecamatan akan dipilih 5 desa. Untuk selanjutnya, pada tahap kedua program itu akan dilakukan di 25 kabupaten/kota.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads