JawaPos Radar

Gardu Traksi KAI Meledak, Perjalanan KRL Terganggu

23/09/2018, 16:05 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Gardu Traksi KAI Meledak, Perjalanan KRL Terganggu
Gardu Traksi milik PT KAI di Kebon Melati, Jakarta Pusat meledak, Minggu (23/9). ()
Share this image

JawaPos.com - Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Manggarai - Tanah Abang mengalami gangguan hari ini, Kamis (23/9). Hal ini karena adanya ledakan Gardu Traksi di Kebon Melati, Jakarta Pusat. Sejumlah pemberangkatan yang melintasi dua stasiun tersebut tidak bisa dilakukan sejak pukul 12.50 WIB.

Manajer Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa mengatakan, Listrik Aliran Atas (LAA) pada jalur Manggarai - Tanah Abang belum dapat dihidupkan. "Sementara perbaikan dilakukan oleh tim prasarana PT KAI Daop 1 Jakarta," ujarnya melalui pesan singkat, Minggu (23/9).

Pihaknya pun telah melakukan pengaturan pola operasi KRL sementara. Yakni, untuk KRL relasi Bogor - Jatinegara, perjalanan hanya dapat dilakukan sampai dengan Stasiun Manggarai.

Kemudian, KRL relasi Jatinegara - Bogor, perjalanan hanya dapat dilakukan sampai dengan Stasiun Kampung Bandan atau Stasiun Angke. KRL relasi Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, Serpong, tujuan Tanah Abang, perjalanan kata Eva hanya dapat dilakukan sampai dengan Stasiun Kebayoran.

"Sementara KRL Relasi Tanah Abang - Rangkasbitung, Maja, Parungpanjang, Serpong, perjalanan belum dapat dilakukan," jelas Eva.

Atas gangguan tersebut, PT KCI menghimbau bagi pengguna jasa yang tidak dapat menunggu, disarankan menggunakan moda transportasi lain. "Bagi pengguna jasa yang telah melakukan transaksi tiket, pembatalan perjalanan dapat dilakukan pada loket stasiun terdekat," ujar Eva.

Seperti diketahui sebuah Gardu Traksi (travo) milik PT KAI di Jalan Tenaga Listrik RT 15 RW 16 Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat terbakar, Minggu (23/9). Api bahkan menyambar bangunan semi parmanen yang ada di dekatnya. 

Perwira Piket Sudin Penanggunlangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Ahmad Sanjoyo, mengatakan pihaknya menerima laporan dari warga pukul 13.00 WIB. Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"Warga datang ke pos Kebon Melati. Objek yang terbakar Gardu Traksi Karet milik PT KAI dan merambat ke bedeng yang berada di pinggir rel ukuran 2x10 meter," kata Ahmad, Minggu (23/9).

Dugaan sementara penyebab kebakaran karena kelebihan beban atau overload penggunaan. Sebelumnya terdengar suara ledakan di lokasi sebelum ada percikan api. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up