JawaPos Radar

Arus Balik, Baru 1,5 Juta Kendaraan Masuk ke Jatim

18/06/2018, 19:08 WIB | Editor: Budi Warsito
Arus Balik, Baru 1,5 Juta Kendaraan Masuk ke Jatim
Ilustrasi arus balik lebaran 2018. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Libur lebaran akan segera usai. Gelombang arus balik di Jawa Timur (Jatim) sudah terasa mulai Minggu (17/6). Pekan ini diprediksi, kendaraan akan terus memenuhi di ruas jalanan di Jatim.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, hingga Minggu (17/6), sebanyak 1.502.334 kendaraan sudah masuk ke Jatim. Jumlah ini, diprediksi akan terus bertambah. Sebab, hingga Senin kemarin, Polisi juga mencatat kendaraan yang keluar Jawa Timur, yakni sebesar 2.157.819.

Artinya, jika dihitung secara kasar, masih ada sekitar 600 ribu kendaraan yang masih belum kembali ke Jawa Timur. Ada kemungkinan, mereka yang belum kembali itu, sengaja menghabiskan waktu lebih lama di kampung halaman. Atau dengan kata lain, memilih waktu pulang mepet menjelang hari masuk kerja.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP M. Aldian menjelaskan, hingga H plus lebaran, kepadatan paling tinggi memang terjadi hari Minggu (17/6). "Kemarin (Minggu), memang sudah banyak terlihat kendaraan yang masuk ke Jawa Timur. Terutama yang lewat jalan tol mengarah ke Surabaya," jelas Aldian kepada JawaPos.com, Senin petang (18/6).

Aldian melanjutkan, puncak arus balik di Jatim diprediksi akan terjadi mulai Jumat (22/6) hingga Minggu (24/6) mendatang. "Tapi sebenarnya, sekarang ini tidak bisa membedakan mana kendaraan yang mau mudik, mana yang mau balik dan mana yang mau mengunjungi obyek-obyek wisata. Semuanya jadi satu di jalanan," lanjutnya.

Analisis itu muncul berdasar temuan di lapangan. Ada beberapa pengendara yang justru mudik setelah lebaran. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu adalah, waktu libur yang lebih panjang. Beberapa masyarakat memang ada yang sudah masuk kerja Rabu (20/3).

"Kalau yang masuk Rabu, kemungkinan besar akan mulai kembali nanti malam hingga besok Selasa," tambah mantan Kapolres Pasuruan tersebut.

Selain masuk Rabu, ada juga masyarakat yang masuk kerja hari Senin (25/6). Atau bahkan ada yang semestinya Rabu sudah masuk kerja. Namun, mereka sengaja mengambil cuti panjang untuk masuk kerja hari Senin.

Oleh sebab itu, Ditlantas Polda Jatim merubah skema penggunaan 5 ruas tol fungsional. Jika sebelumnya, tol fungsional itu diatur satu arah, menuruti waktu arus mudik maupun arus balik. Mulai kemarin tol fungsional dibuka dua arah.

"Dengan begitu tol fungsional bisa mengurai kepadatan. Misal volume kendaraan ke arah Barat tinggi, tetap bisa diurai karena tol fungsional kami buka. Tentunya kami siagakan petugas di dalam tol, mengatur dua arus kendaraan," ungkap alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 tersebut.

(did/JPC)

Alur Cerita Berita

3.105 Warga Ikuti Balik Gratis 18/06/2018, 19:08 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up