JawaPos Radar

Ibunda Jokowi Hadiri Selapanan Sedah Mirah Nasution

11/09/2018, 19:32 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bancakan Cucu Jokowi
SELAPANAN: Koordinator selapanan, Baningsih Tedjokartono (kanan) menyerahkan bancakan kepada ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, saat acara selapanan Sedah, Selasa (11/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Relawan Jokowi bernama Sahabat Jokowi mengadakan acara mangayubagyo selapanan cucu kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sedah Mirah Nasution, Selasa (11/9). Tasyakuran ini diadakan di markas Sahabat Jokowi di Badran, kota barat, Solo.

Selain dihadiri oleh para relawan dan anak sekitar markas, acara ini turut dihadiri oleh ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo dan salah satu putrinya, Titik Ritawati. 

Acara Mangayubagyo ini dilakukan sebagaimana tradisi Jawa menyambut usia bayi yang menginjak 35 hari. Dan tepat Selasa (11/9) putri pertama dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini berumur 35 hari.

Setelah semuanya siap, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng ini dilakukan langsung oleh Sudjiatmi dan diberikan kepada salah satu anak yang hadir. Sudjiatmi sendiri mengaku sangat bahagia dan berterimakasih kepada relawan Sahabat Jokowi yang sudah menyiapkan bancakan untuk cicitnya tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Baningsih yang telah mengadakan bancakan untuk cicit saya," ungkapnya di sela-sela menghadiri selapanan Sedah. Sudjiatmi menambahkan, selain Sahabat Jokowi acara selapanan juga sudah diadakan oleh pihak keluarga. 

Hanya saja acara tersebut diadakan di Jakarta. Dengan usia cicitnya yang sudah 35 hari, Sudjiatmi terus mendoakan yang terbaik bagi Sedah. Agar kelak saat dewasa menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

"Berbudi pekerti yang baik dan menjadi sosok yang sopan dan santun," doanya. Sementara itu, Koordinator kegiatan, Baningsih Tedjokartono mengatakan, bahwa gelaran syukuran atau selapanan ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa. 

"Ini merupakan tradisi Jawa, dan saya berharap tradisi ini terus terjaga. Dan untuk cucu Pak Jokowi kami berdoa yang terbaik," ucap Baningsih.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up