alexametrics

Pendaftar Abdi Dalem Keraton Jogjakarta Didominasi Kalangan Muda

4 Maret 2021, 19:00:53 WIB

JawaPos.com–Pendaftaran penerimaan abdi dalem yang digelar secara terbuka oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Jogjakarta sampai 1 Maret sebagian besar diikuti kalangan muda.

”Ada yang masih semester satu kuliah. Mungkin itu yang paling muda,” kata Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridomardowo Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro seperti dilansir dari Antara di Kompleks Keraton Jogjakarta, Kamis (4/3).

Menurut Notonegoro, sebagai departemen yang mengurusi bidang seni pertunjukan di Keraton Jogjakarta, KHP Kridomardowo sedang membutuhkan tenaga baru berusia muda. Itu karena sebagian abdi dalem yang berusia tua serta memiliki penyakit penyerta telah diminta untuk tidak aktif terlebih dahulu.

”Abdi dalem yang muda-muda yang sehat jumlahnya terbatas, tinggal seperempatnya. Ini yang membuat kami membutuhkan tenaga segera,” kata KPH Notonegoro.

Ada empat golongan abdi dalem yang dibuka pada penerimaan kali ini. Yakni wiyaga (penabuh gamelan), pasindhen (penembang untuk perempuan), lebdaswara (penembang untuk laki-laki), dan musikan (korps musik yang bertugas memainkan alat musik barat di Keraton Jogjakarta).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads