alexametrics

Satgas Covid-19 Bubarkan Kegiatan ACT di Gunung Sindur

Bagikan Gerobak Sayur di Perumahan
25 Januari 2021, 10:18:36 WIB

JawaPos.com – Kegiatan berbagi gerobak sayur yang digelar lembaga kemanusaiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, dibubarkan Satgas Covid-19.

Pembubaran itu karena kegiatan ACT berlangsung di kompleks perumahan. Sementara di perumahan tersebut terdapat warga yang sedang positif covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Gunung Sindur Bambang Eko mengatakan, pembubaran acara ACT itu berlangsung di Perumahan Taman Sari, Pedurenan, Gunung Sindur, Jumat (22/1). Pada hari itu ACT menggelar acara pembagian gerobak sayur untuk pedagang kecil. Hanya saja kegiatan itu tidak berkoordinasi dengan aparat lingkungan.

“Sementara di perumahan ini (Taman Sari, red) terdapat warga yang positif covid-19. Ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi kegiatan itu memicu kerumunan,” kata Bambang Eko saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (22/1).

Pembubaran itu sempat beredar dalam rekaman video pendek. Bambang menyebut, pembubaran itu melibatkan aparat kepolisian, babinsa, kecamatan, dan kelurahan.

Tangkapan layar saat Satgas Covid-19 membubarkan kegiatan ACT di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (22/1). (Istimewa)

Lebih lanjut Bambang menuturkan, sejatinya kegiatan ACT itu sangat bagus karena membantu masyarakat yang terdampak dari Covid-19. Tetapi kegiatan itu tidak diawali koordinasi dengan aparat lingkungan. Ditambah pula penerima bantuan bukan warga Perumahan Taman Sari. Sementara di perumahan itu ada warga yang sedang terpapar covid-19.

Baca juga: Wakaf UMKM Disebut Dapat Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Seandainya, kata Bambang, pihak ACT atau penghubung pemberi bantuan itu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 kecamatan atau lingkungan setempat, maka akan difasilitasi dengan menyiapkan protokol kesehatan. Supaya, tidak memicu kerumunan. “Setidaknya kita sediakan tempat yang tidak memicu kerumunan,” tandasnya.

Di pihak lain, ACT belum memberikan tanggapan atas acara yang dibubarkan tersebut. Manager Humas ACT Lidya Khaerani Hestya saat dihubungi JawaPos.com pada Jumat (22/1) malam hingga berita ini dilansir belum memberikan keterangan. Dia mengaku masih koordinasi dengan internal.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads