alexametrics

1.100 Mobil Mewah Nunggak Pajak, Nilai Tunggakan Capai Rp 37 Miliar

5 Desember 2019, 07:57:14 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 1.100 mobil mewah di Jakarta tercatat hingga awal Desember 2019 masih menunggak pajak kendaraan. Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Faisal Syafruddin mengatakan, total tunggakan itu senilai Rp 37 miliar. Penunggak terbanyak berada di wilayah Jakarta Utara.

“Mobil mewah dari 1.500 kemarin (jumlah kendaraan yang menunggak pajak hingga November 2019), sudah tinggal 1.100 kendaraan. Kurang lebih Rp 11 miliar sudah masuk, kita kejar Rp 37 miliar lagi,” kata Faisal di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (4/12).

Dia menjelaskan, kendaraan mewah yang dimaksud yakni yang memiliki harga jual di atas Rp 1 miliar. Parahnya, dari penunggak pajak tersebut, sebanyak 150 kendaraan tercatat atas nama orang lain. Oleh karena itu, BPRD DKI Jakarta bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya mengambil langkah tegas kepada para penunggak. Caranya dengan memblokir surat-surat kendaraan yang menunggak pajak.

“Dengan sistem blokir, kepada pemilik kendaraan yang telah diblokir untuk segera melakukan balik nama (menggunakan nama sendiri) dan pembayaran pajak kendaraan bermotornya,” jelasnya.

BPRD DKI Jakarta juga melakukan penagihan secara door to door, mendatangi alamat rumah pemilik kendaraan. Untuk hari ini, giat tersebut dilakukan di 2 wilayah Jakarta Selatan. Target selanjutnya, sidak akan dilakukan ke wilayah Jakarta Utara.

“Kita bergerak, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan (door to door) ini, masyarakat yang penunggak mobil mewah ini bisa membayar pajaknya,” pungkas Faisal.

Dengan cara-cara tersebut, diharapkan angka tunggakan pajak kendaraan bisa ditekan semaksimal mungkin. Dan target penerimaan pajak tahun 2019 senilai Rp 8,8 triliun bisa tercapai.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads