alexametrics

Ahli AS Ungkap Proses Penularan Adenovirus Terkait Hepatitis Misterius

16 Mei 2022, 15:44:37 WIB

JawaPos.com – Para ahli dunia menengarai salah satu penyebab hepatitis misterius adalah adenovirus jenis 41. Penularannya melalui fekal-oral atau melalui pencernaaan dan mulut. Hal itu diungkapkan para peneliti dari Amerika Serikat.

Para ahli dari Mayo Clinic di AS mengungkapkan adenovirus secara alami menyebar jika anak menyentuh tinja dan kemudian menyentuh area sekitar mulut. Seorang ahli virologi terkemuka memperingatkan bahwa wabah hepatitis misterius di Amerika Serikat akan berlanjut sepanjang musim panas. Para ilmuwan bingung dengan penyebabnya. Tapi, teori terkemuka menunjukkan bahwa adenovirus adalah jenis penyakit yang menyebar dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

“Kasus Adenovirus muncul sepanjang tahun karena penularan tidak terjadi secara musiman,” kata Direktur Virologi Medis di Mayo Clinic, Matthew Benecker.

Dia memperingatkan bahwa sekolah dan pusat perawatan adalah pusat penting penyebaran virus. Hal senada dikatakan oleh ahli lainnya.

Kepala Virologi Mayo Clinic Dr. Pinker, memperingatkan bahwa banyak kasus hepatitis pada anak-anak tidak terdiagnosis di Amerika Serikat karena dalam beberapa kasus. Sebagian besar anak-anak yang terinfeksi hepatitis atopik di AS juga positif adenovirus, tetapi tidak jelas apakah virus itu sendiri menyebabkan penyakit atau infeksi, yaitu faktor lain yang mirip dengan diagnosis virus korona sebelumnya.

“Adenovirus relatif umum pada anak-anak, tetapi sampai tahun ini mereka jarang dikaitkan dengan hepatitis,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads