alexametrics

Vaksin Sinovac dan Sinopharm Masuk Tahap Akhir Evaluasi dari WHO

11 April 2021, 06:36:47 WIB

JawaPos.com – Vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm dari Tiongkok sedang dalam tahap akhir evaluasi oleh Daftar Penggunaan Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan akhir akan dibuat antara 26 April hingga 3 Mei kata seorang pejabat WHO dalam konferensi pers pada Jumat (9/4).

“Kami telah memanggil kelompok penasihat teknis untuk melakukan penilaian vaksin pada 26 April,” kata Rogerio Pinto de Sa Gaspar, Direktur Bidang Regulasi dan Prakualifikasi, seraya menambahkan bahwa sedikitnya satu dari dua (vaksin) dapat dievaluasi pada tanggal tersebut.

Baca juga: Penelitian Ungkap Vaksin Sinovac Tak Manjur jika Hanya Sekali Suntik

Baca juga: Ketimbang Vaksin Pfizer, Hongkong Pilih Vaksin Sinovac, Ini Alasannya

“Jika salah satu di antaranya tidak dapat dievaluasi pada 26 April, kami juga berencana memanggil kelompok penasihat teknis lain untuk pekan yang dimulai pada tanggal 3 Mei,” lanjutnya.

“Kami berharap keputusan akhir akan dicapai untuk kedua vaksin di antara dua pekan itu,” tutur Gaspar.

Baca juga: Blak-blakan CEO Sinovac, Klaim Vaksinnya 100 Persen Cegah Kematian

Daftar Penggunaan Darurat, prosedur internal WHO untuk menilai vaksin yang belum berlisensi, diperlukan agar vaksin dapat digunakan di bawah naungan Fasilitas COVAX. Ini adalah inisiatif yang dipimpin WHO untuk menyediakan akses vaksin yang lebih adil bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Vaksin Sinopharm dan Sinovac saat ini telah digunakan di Tiongkok dan banyak negara lain termasuk Indonesia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads