JawaPos Radar

Wow, Suporter Jepang Bersihkan Sampah di Stadion Piala Dunia

10/07/2018, 19:00 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Wow, Suporter Jepang Bersihkan Sampah di Stadion Piala Dunia
Suporter Jepang membersihkan stadion usai pertandingan Piala Dunia (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Selain dikenal dengan sebutan Negeri Sakura, Jepang juga dikenal sebagai negara yang disiplin dan bersih. Mereka menerapkan hal tersebut bukan hanya saat di negaranya sendiri namun juga saat bertandang ke negara orang.

Baru-baru ini melalui foto yang beredar menunjukkan, beberapa supporter Jepang bersama-sama membersihkan stadion dari sampah usai menonton pertandingan Piala Dunia yang diselenggarakan di Rusia tersebut. Hal tersebut bukan hal yang aneh karena orang-orang Jepang terbiasa hidup bersih dan ajaran tersebut sudah ditanamkan ketika mereka masih kecil.

Profesor Kehormatan di Universitas Tokyo Gakugei Spesialis Ekonomi Rumah Tangga Midori Otake mengatakan, di Jepang kebersihan berkaitan erat pendidikan. Selain itu kebersihan juga dihargai sebagai perilaku yang baik.

Kabar dan foto bersih-bersih suporter Jepang yang beredar di internet menular pada suporter bola dari negara lain. Pada awalnya, suporter Jepang membawa tas sampah biru saat menonton Piala Dunia, para supporter lain tentu mengira itu adalah atribut yang mereka bawa untuk mendukung negara mereka karena biru adalah lambang warna mereka.

Menurut salah satu supporter Jepang berusia 55 tahun, Hirokazu Tsunoda, kegiatan bersih-bersih stadion dimulai pada saat Jepang memulai debutnya di Piala Dunia di Prancis pada tahun 1998.

"Sudah 10 tahun sejak saya mulai menghadiri pertandingan sepakbola internasional sebagai penonton. Tapi ini adalah pertama kalinya saya membersihkan sampah dengan pendukung tim lawan," kata Tsunoda seperti dilansir Japan Today pada Selasa, (10/7).

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up