JawaPos Radar

Kim Jong Un Tiba di Singapura

10/06/2018, 16:53 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Kim Jong Un Tiba di Singapura
Kim Jong Un tiba di Singapura (BBC)
Share this image

JawaPos.com - Setelah dilaporkan terbang ke Singapura menggunakan jet pribadi pagi tadi, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un telah tiba di Singapura untuk bersiap melaksanakan pertemuan bersejarahnya dengan Presiden AS Donald Trump.

Kim tiba di Singapura untuk melakukan Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) yang dijadwalkan dilaksanakan 12 Juni mendatang dengan Trump. Pertemuan bersejarah antara kedua pemimpin tersebut akan berlangsung Selasa mendatang di Pulau Sentosa.

Pertemuan bersejarah tersebut tentunya akan menjadi pertemuan resmi pertama bagi keduanya, seperti dilansir BBC pada Minggu, (10/6). Sebelum keberangkatannya, Trump menggambarkan KTT tersebut dengan satu tembakan dalam damai dan mengatakan, keduanya berada di wilayah yang tidak diketahui dalam arti sebenarnya.

Kim Jong Un Tiba di Singapura
Hotel Capella jadi tempat pertemuan Kim dan Trump (Reuters)

Washington berharap bahwa KTT yang dilakukan Kim dan Trump akan memulai sebuah proses baru yang tujuan akhirnya adalah membuat Kim menyerahkan senjata nuklirnya. Seperti diketahui hubungan Trump dan Kim mengalami naik turun selama 18 bulan terakhir, mereka saling mencela dan mengancam tentang perang.

Kedua pemimpin tersebut akan bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sebelum memulai pertemuan puncak mereka nantinya. Mengingat kembali bagaimana dulu keduanya saling berseteru, dimulai pada saat Korut melakukan beberapa uji coba rudal balistik yang melanggar peraturan internasional.

Trump pernah bersumpah akan memberikan balasan jika Pyongyang terus mengancam AS. Lalu mulai mengejek Kim dan memanggilnya dengan ejekan Lelaki Roket yang dibalas Kim dengan menyebut Trump sebagai lelaki gila.

(trz/JPC)

Alur Cerita Berita

Kim Jong Un Tiba di Singapura 10/06/2018, 16:53 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up