alexametrics

Tak Terimbas Virus Korona, Menhub: Kercep Jakarta-Bandung Selesai 2021

23 Februari 2020, 14:00:36 WIB

JawaPos.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung berjalan sesuai target. Budi optimistis proyek sepanjang 142,3 kilometer (Km) itu bisa selesai akhir 2021, meski saat ini Tiongkok dilanda wabah virus korona.

“Saya tegaskan di sini bahwa pemerintah tetap menargetkan proyek kereta cepat ini selesai akhir 2021. Soal ada virus korona di Tiongkok, kami tetap berjalan dan tidak terganggu dengan adanya tenaga dan peralatan dari Tiongkok,” kata Budi di Purwakarta, Jawa Barat, dilansir dari Antara, Minggu (23/2).

Hari ini Budi meninjau progres proyek kereta cepat (kercep) Jakarta-Bandung. Turut mendampingi Budi, ada Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dan Direktur Utama (Dirut) PT KAI (Persero) Edy Sukmoro.

Dari hasil peninjauannya, Budi optimistis proyek ini bisa selesai akhir tahun depan. Dia juga menjamin, meskipun proyek ini merupakan kerja sama dengan Tiongkok, namun wabah virus korona tidak mengganggu para tenaga ahli maupun peralatan dari negeri tirai bambu itu.

“Sekali lagi saya katakan target proyek selesai akhir 2021 akan tercapai,” katanya.

Sebagai informasi, proyek kercep Jakarta-Bandung massuk dalam Proyek Strategi Nasional. Proyek ini digarap oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Berdasarkan informasi dari PT KCIC, hingga saat ini progres pembangunan mencapai 43,45 persen. Saat ini PT KCIC tengah mengerjakan sebanyak 13 tunnel atau terowongan. Sementara progres pembebasan lahan mencapai 99,96 persen.

Kercep Jakarta-Bandung rencananya memiliki panjang mencapai 142,3 Km. Kemudian, akan ada empat stasiun pemberhentian yakni Stasiun Halim, Karawang, Walini, hingga Tegalluar, Bandung.

Sepanjang 80 Km jalur akan dibuat melayang atau elevated. Sedangkan sisanya akan dibuat bawah tanah melalui tunnel atau terowongan yang menembus bukit. Dengan kecepatan hingga 350 Km/jam, perjalanan Jakarta-Bandung dengan kereta cepat ini hanya memakan waktu 46 menit.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara



Close Ads