alexametrics

DPD Minta IKN Cerminkan Identitas dan Karakter Bangsa

5 April 2021, 17:33:53 WIB

JawaPos.com–Ketua DPD A.A. La Nyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan sejumlah catatan untuk pembangunan ibu kota negara (IKN) yang baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Dia meminta IKN harus mencerminkan identitas dan karakter bangsa.

”Poin mendasar dan harus menjadi kerangka berpikir kita semua dalam menyusun dan merencanakan pembangunan ibu kota negara ini adalah identitas dan karakter bangsa Indonesia yang wajib tercermin dalam ibu kota negara ini,” kata La Nyalla seperti dilansir dari Antara saat tampil sebagai pembicara dalam Seminar Nasional di IAIN Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (5/4).

Seminar dengan tema Wawasan Kebangsaan dan Pembangunan Daerah Menyambut Ibu Kota Negara (IKN), diikuti sejumlah senator, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono (hadir virtual), utusan Gubernur Kalimantan Timur, utusan Bupati Penajam Paser Utara, Rektor IAIN Samarinda Muhammad Ilyasin, serta staf ahli Bappenas Son Diamar.

Dia mengatakan, sejumlah negara telah memperkuat karakter itu seperti tampak pada perbedaan di Kota Beijing, Ibu Kota Tiongkok, dengan Kota Shanghai, atau kota-kota yang menjadi pusat bisnis dan industri di Tiongkok.

”Itulah pentingnya identitas dan karakter bangsa Indonesia harus tampak melalui konsep pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur ini. Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Jangan sampai ibu kota negara baru di Kalimantan Timur hanya memindahkan Jakarta ke Kalimantan Timur,” kata La Nyalla, senator asal Jawa Timur itu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah




Close Ads