alexametrics

Meme Kreatif Netizen Ajak Tunda Mudik Selama Pandemi Covid-19

19 April 2020, 10:53:29 WIB

JawaPos.com – Kampanye untuk tidak mudik pada lebaran, Mei 2020 terus disampaikan oleh berbagai pihak termasuk pemerintah. Sebab, mudik bisa membahayakan orang-orang yang berada di kampung. Terutama, jika di kampung masih ada orang tua yang rentan tertular virus korona jenis baru (Covid-19).

Menariknya, netizen juga ikut mengkampanyekan agar tidak mudik dengan cara yang unik. Yakni, bikin plesetan meme agar tidak mudik dari poster-poster film terkenal. Selain larangan untuk mudik, poster plesetan itu juga membawa pesan agar di rumah saja, tidak memanfaatkan momen work from home (WFH) atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan piknik.

Akun twitter @dewahoya, misalnya. Pada Sabtu (18/5), nge-tweet beberapa poster plesetan hasil olah digital beberapa film terkenal. Poster superhero Aquaman diplesetkan jadi “Aku aman di rumah saja”. Begitu juga poster film animasi kondang Monster Inc yang diplesetkan jadi Masker In. Film Mulan yang segera muncul versi live action-nya, juga diubah “Bulan depan saja mudiknya, kalau sudah aman dari corona”.

“Gokil nih warga +62 pada kreatif banget! Jujur, himbauan kayak begini bagus banget buat ngasih tau ke orang-orang buat sadar dan peduli dengan kondisi saat ini. BTW, Apa lagi nih yang bisa diplesetin desainnya? Ada ide?” tulis Dewa, panggilan akrab Dewa Hoya.

Tak ayal, twit yang beberapa jam saja langsung di-retweet dan disukai puluhan ribu “tweeps” itu disambar netizen lainnya. Mereka memberikan versi lain yang tak kalah kocak. Akun twitter @cursedkidd memplesetkan film Mandy yang dibintangi Nicolas Cage menjadi “Sampai Rumah Langsung Mandi. Biar Bersih bebas Corona.

Plesetan poster film Mandy yang mengajak untuk langsung mandi ketika sampai rumah, dan poster film Joker menjadi Masker Dipakai Saat Keluar Rumah. (@cursedkidd dan @mhdarief2208)

Begitu juga akun twitter @mhdarief2208. Dia bikin plesetan dari poster film Joker menjadi Masker: Dipakai Saat Keluar Rumah. Versi lain tak kalah kocak. Ada Indomie yang diplesetkan jadi I Don’t Mudik. Kemudian produk obat pencegah mabuk perjalanan Antimo yang jadi Antimudik, minuman soda Fanta menjadi Fantang Pulkam, ayam goreng waralaba KFC berubah jadi KLC dengan kepanjangan Kita Lawan Corona, kemudian Dilan yang sedang bersanding dengan Milea berubah menjadi Ojo Dolan. Kata dalam bahasa Jawa itu bermakna Jangan Bepergian.

Dewa Hoya saat dikonfirmasi tak menyangka bahwa meme dan poster digital tersebut bisa terus ditambahkan oleh banyak followernya dengan lebih banyak versi. Bahkan, konten yang berisi ajakan untuk tidak mudik terus bermunculan hingga Sabtu (18/4) tengah malam. “Netizen Indonesia sangat kreatif. Kami membuat pesan-pesan penting dalam kemasan sederhana dan receh,” katanya.

Plesetan poster film Dilan menjadi Ojo Dolan (Jangan Main), dan Monster Inc menjadi Masker, In. (@ayubsr dan @dewahoya)

Dia berharap, pesan-pesan receh itu bisa membantu kampanye agar tidak mudik pada lebaran Mei nanti. Sebab, persebaran virus korona di Indonesia masih memprihatinkan. Seperti diketahui, dari rilis resmi pemerintah Sabtu (18/4), ada 6.248 kasus positif, 5.082 pasien dalam perawatan, 631 orang sembuh, dan 535 meninggal.

Dewa mengatakan, kampung halaman tak akan kemana-mana. Oleh sebab itu, mudik bisa menunggu hingga virus korona pergi. “Saya kira ini kegelisahan bersama untuk bareng-bareng meminta semua orang menahan diri. Jangan mudik. Kita berpotensi menularkan virus kepada orang-orang di kampung halaman kita,” tuturnya.

Editor : Dhimas Ginanjar




Close Ads