alexametrics

Ledakan Pipa Minyak, Jangan Disangka Rudal Al Qassam untuk Israel

29 Mei 2021, 05:48:08 WIB

AL QASSAM, sayap militer Hamas, Palestina, dikabarkan menghantam Israel dengan rudal-rudalnya. Disebutkan juga, 650 orang Yahudi dikabarkan meninggal dalam serangan tersebut. Agar lebih meyakinkan, informasi itu disertai video sebuah kebakaran besar dengan api dan asap yang menjulang ke angkasa.

”Roket² al qassam menghantam wilayah Israel.. kejadian baru diperkirakan 650 korban Yahudi.” Begitu informasi yang dibagikan akun Facebook Cempaka pada 14 Mei 2021. Posting-an itu cukup viral. Hingga kemarin sudah dibagikan ulang oleh 1.043 netizen dengan narasi yang sama.

Video dengan durasi 29 detik yang disertakan itu memperlihatkan beberapa kendaraan terbakar hebat. Kemudian, ada satu orang yang tergeletak, tapi tetap sadar. Beberapa warga berupaya mengevakuasi orang tersebut agar menjauh dari kebakaran (bit.ly/650Tewas).

Namun, penelusuran menggunakan situs padanan gambar menunjukkan bahwa video tersebut ada di YouTube sejak 2020. Diunggah kanal Global News pada 14 Juli 2020 dengan judul Cars set ablaze after massive fire breaks out along pipeline in Egypt.

Menurut keterangan kanal tersebut, kebakaran besar itu terjadi di pipa minyak mentah Shuqair-Mostorod, Mesir. Insiden tersebut melukai 12 orang. Dugaan awal, percikan api berasal dari mobil yang melaju di sepanjang jalan. Padahal, di jalan tersebut terdapat minyak yang keluar dari kebocoran pipa. Anda dapat melihat video itu di bit.ly/KebakaranDiMesir.

Menurut portal berita reuters.com, katup pipa segera ditutup di sekitar area kobaran api dan api dapat dikendalikan. Namun, tidak ada penjelasan langsung dari pihak berwenang tentang penyebab pipa yang terletak sekitar 1,5 meter atau 5 kaki di dalam tanah itu bocor.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c19/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads