alexametrics

Salah Narasi soal Video CR7 Tolak Jabat Tangan karena Dukung Palestina

21 Mei 2021, 12:35:49 WIB

SEMAKIN banyak saja pembuat hoax yang memanfaatkan memanasnya konflik Israel-Palestina akhir-akhir ini. Ngawurnya pun makin keterlaluan. Contohnya video aksi superstar sepak bola Cristiano Ronaldo (CR7) yang disebut menolak berjabat tangan dengan presiden Israel.

”Bintang SepakBola Dunia CRISTIANO RONALDO Tidak Ingin Berjabat Tangan Dengan Presiden ISRAEL Dan MelewatiNya Karna CR7 Mendukung Umat Muslim Di Tanah PALESTINA,” tulis akun Facebook Hasan I Usia pada Selasa, 18 Mei 2021, sambil mengunggah video yang sebenarnya pernah viral beberapa tahun lalu itu (bit.ly/CR7Israel).

Video berdurasi 30 detik tersebut merupakan gabungan rekaman dua peristiwa yang memperlihatkan seremonial penyerahan medali setelah pertandingan sepak bola selesai. Pada video pertama, tampak Cristiano Ronaldo yang mengenakan seragam klub Real Madrid sengaja menghindar untuk berjabat tangan dengan pria yang mengenakan syal di lehernya. Sementara itu, pada video kedua, CR7 yang mengenakan seragam klub Juventus mengabaikan seorang pria yang mengulurkan tangan untuk berjabat tangan.

Hasil pengecekan fakta menunjukkan bahwa video pertama itu terjadi dalam penganugerahan juara Piala Dunia Antarklub pada Desember 2014. Cuplikan video tersebut pernah diunggah oleh portal berita mirror.co.uk. Saat itu, Real Madrid menjadi juara setelah mengalahkan kesebelasan San Lorenzo.

Saat pemberian penghargaan, CR7 sengaja menghindar untuk berjabat tangan dengan Presiden UEFA Michel Platini. Penyebabnya, Ronaldo tersinggung dengan pernyataan Platini sebelumnya yang menyiratkan bahwa CR7 tidak layak mendapatkan penghargaan Ballon d’Or 2014.

Platini menilai, penghargaan tersebut lebih cocok diberikan kepada penggawa timnas Jerman. Jadi jelas, yang dihindari CR7 untuk berjabat tangan itu bukan presiden Israel. Anda bisa membacanya di http://bit.ly/PresidenUEFA .

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c17/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads