alexametrics

Kabar Palsu Bentrokan Antarormas Agama di Bandung

4 Agustus 2020, 05:05:25 WIB

INSIDEN pembakaran banner bergambar Rizieq Shihab pada Senin (27/7) diikuti kabar palsu. Tiba-tiba muncul berita telah terjadi bentrokan antara ormas Gerakan Jaga Indonesia (GJI) dan sejumlah ormas Islam di Bandung. Agar lebih meyakinkan, informasi itu dikemas dalam bentuk pamflet digital dengan mencatut portal berita kompas.com.

”Di kota bandung terjadi bentrok antara ormas gerakan jaga Indonesia (GJI-PDIP) dengan ormas-ormas Islam FPI, HTI, LPI pembela dan penjega pancasila, NKRI, dan ulama.” Begitu penggalan narasi dalam flyer yang disebar ulang akun Herry Oej pada 31 Juli 2020. Bukan hanya itu, akun Herry Oej menambahkan sejumlah ucapan yang provokatif.

Kabar itu juga menyebutkan, ada tujuh anggota ormas GJI dan PDIP yang meninggal dunia terkena sabetan pedang. Sedangkan dari pihak HTI, hanya satu orang yang menjadi korban luka sabetan pedang. Dua foto bangunan terbakar juga disertakan sebagai ilustrasi bahwa bentrokan itu terjadi sangat hebat.

Saat ditelusuri, sejak 27 Juli hingga kemarin tidak ada satu pun media arus utama yang memberitakan bentrokan ormas di Bandung. Logo kompas.com ternyata dicatut. Sebab, portal tersebut tidak pernah memberitakan bentrokan antarormas di Bandung.

Begitu juga halnya dengan foto kebakaran yang digunakan. Semuanya asal tempel. Misalnya foto beberapa orang dengan latar belakang bangunan terbakar pada malam hari. Ternyata merupakan potret aksi protes warga Amerika Serikat (AS) atas meninggalnya warga kulit hitam George Floyd. Foto itu pernah diunggah portal berita asal Inggris Daily Mail pada 31 Mei 2020.

Keterangan foto dari situs Getty Images itu menyebutkan, orang-orang berdiri di dekat sebuah gedung yang terbakar selama protes yang dipicu kematian Floyd saat dalam pemeriksaan polisi. Lokasi pembakaran di Minneapolis, Minnesota, AS. Anda bisa membacanya di bit.ly/AksiGeorge.

Begitu juga halnya dengan foto kebakaran paling bawah. Penelusuran menggunakan situs padanan gambar tineye.com mengarahkan ke portal berita BBC pada 29 Mei 2020. Kebakaran itu terjadi di Minneapolis pada hari ketiga aksi protes atas kematian Floyd. Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanDiBandung.

FAKTA

Tidak pernah terjadi bentrokan antara ormas Gerakan Jaga Indonesia dan sejumlah ormas Islam di Bandung beberapa hari terakhir. Dua foto kebakaran yang digunakan merupakan kejadian saat aksi protes atas kematian George Floyd di Minneapolis, Minnesota, AS.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat




Close Ads