alexametrics

Sirilius Kevin, Belum Punya KTP, tapi Turut Bantu Lindungi KTP

Tergerak Penyalahgunaan Data Terkait Pinjol
26 November 2021, 16:06:34 WIB

Telah banyak orang yang terbantu watermarkktp.com bikinan Sirilius Kevin di era ketika penyalahgunaan KTP kerap terjadi. Masih duduk di bangku SMP, dia tertarik dengan pemrograman sejak berusia 7 tahun.

FERLYNDA PUTRI, Jogjakarta

JawaPos.com – Usianya masih 14 tahun. Belum punya KTP tentu saja. Tapi, dia ikut resah tiap mendengar kabar penyalahgunaan kartu yang berisi data-data penting dari pemiliknya tersebut.

Banyak di antaranya yang kemudian digunakan untuk mengajukan pinjaman online (pinjol). Dan, buntutnya si pemilik KTP yang kena getah.

Berangkat dari keresahan itu, bocah 14 tahun tersebut memutar otak. Apa yang bisa dia bantu untuk mengatasi masalah itu.

Kebetulan dia memiliki keahlian di bidang pemrograman. Dia memang menyukai bahasa pemrograman.

”(Akhirnya) dapat ide dari kakak,” katanya saat ditemui Jawa Pos di salah satu kafe di Kota Jogja pada Sabtu (20/11) pekan lalu.

Oktober lalu akhirnya dia meluncurkan situs watermarkktp.com. Situs itu terlihat sederhana dan mudah digunakan. Berupa tombol untuk mengunggah foto KTP, pilihan huruf, ukuran, dan tata letak.

Pengguna tidak perlu mengunduh situs tersebut sehingga pemilik handphone ”kentang” juga tetap bisa menggunakan. Sebab, tidak memakan banyak memori HP.

Sejak diluncurkan hingga bertemu dengan Jawa Pos, sampai pukul 21.30 tadi malam situs tersebut sudah mencapai 100 ribu pengunjung. Salah satu pemicunya adalah unggahan sang kakak, Frans Allen, di Twitter.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (*/c19/ttg)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads