alexametrics

Di luar Dugaan, Mulan Dapat Pujian dari Pemerintah Tiongkok

12 September 2020, 10:54:16 WIB

JawaPos.com – Sempat mendapat penolakan, film live action Mulan justru mendapat pujian setelah secara resmi diputar di bioskop Tiongkok. Pujian juga datang dari kementerian luar negeri Tiongkok, dikutip AFP, Sabtu (12/9).

Penceritaan kembali kisah pejuang wanita Tiongkok yang legendaris ini sempat mendapat reaksi keras bahkan sebelum rilis resminya, ketika bintang Liu Yifei menyuarakan dukungannya untuk polisi Hongkong saat mereka menindak protes demokrasi tahun lalu.

Minggu ini, film Mulan menghadapi seruan boikot secara global karena melakukan pembuatan film di kawasan Xinjiang di mana pelanggaran hak terhadap populasi muslim terjadi di kawasan sana. Pihak Disney juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pemerintah Tiongkok, termasuk wilayah Xinjiang.

Juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok, Zhao Lijian pada Jumat (11/9) waktu setempat memuji kemampuan Liu Yifei sebagai Mulan kontemporer dan menyebutnya sebagai anak Tiongkok sejati.

Mulan tayang di Tiongkok pada hari Jumat (11/9) dan meraup pendapatan 41 juta yuan atau 5,99 juta dolar Amerika tiket pada sore hari, menurut platform tiket Maoyan.

Meski demikian, film ini juga banyak mendapat ulasan buruk. Dalam review di Douban, film ini mendapat nilai 4,7 dari 10. Beberapa orang mengkritik ceritanya yang berbeda dengan kisah animasinya yang dirilis tahun 1998. Sebagian lagi mengkritik unsur aksi di film tersebut.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Antara




Close Ads