alexametrics

Bidadari Mencari Sayap, Kisah Klasik Pasutri Beda Latar

11 Oktober 2020, 16:48:20 WIB

JawaPos.com – Meski telah bertahun-tahun menikah, Reza (Rizky Hanggono) dan Angela (Leony V.H.) seolah tak bisa keluar dari akar masalah mereka: perbedaan budaya dan cara pandang. Angela berdarah Tionghoa, Reza lahir dari keluarga keturunan Arab.

Momen kumpul keluarga besar yang biasanya dinantikan menjadi momok bagi Reza maupun Angela. Dua keluarga mereka masih saja gemar menyindir perbedaan etnis dan budaya. Konflik di ranah keluarga akhirnya merembet ke kehidupan rumah tangga Reza dan Angela. Pertengkaran kerap terjadi, baik karena perbedaan pandangan dalam hal keyakinan maupun hal simpel karena miskomunikasi.

Tema kehidupan suami-istri pasca pernikahan memang bukan hal baru dalam perfilman. Secara premis dan konsep cerita, Bidadari Mencari Sayap cenderung mengulang hal yang sama dengan film-film sejenis. Pasangan suami istri bertengkar, sadar, bertengkar, sadar, dan akhirnya diselesaikan dengan bantuan pihak ketiga yang seringnya adalah keluarga.

Sutradara Aria Kusumadewa –yang juga menjadi penulis naskah– memang memiliki ide yang cukup umum ketika membuat konsep film. ”Ini memang cerita tentang persoalan yang populis, tentang keinginan untuk bahagia dalam pernikahan, tapi ternyata ada petaka yang tak terlihat,” paparnya.

Sayang, konflik yang dihadirkan kurang matang dan hanya permukaannya. Meski memiliki jalan cerita yang cenderung predictable, akting Rizky dan Leony patut diacungi jempol. Rizky –yang kerap membintangi film drama di medio 2000-an– sanggup memerankan karakter Reza yang kaku dan tegas. Salah satu tantangan Rizky memerankan Reza adalah adaptasi emosi. Dia harus pandai-pandai mengatur agar bisa menunjukkan emosi dengan tepat. ”Salah satunya, adegan saya menangis di pancuran. Itu nggak ada dialog, tapi emosinya harus dapat,” kata Rizky.

Leony pun menunjukkan performa terbaik. Perempuan yang mengawali karir sebagai personel Trio Kwek-Kwek itu memang sudah berpengalaman memerankan karakter perempuan Tionghoa yang mendapat diskriminasi. ”Apalagi, karakter Angela ini mirip sama aku, baik etnis maupun usianya,” kata Leony.

Saat berakting pun, Leony mampu melakukannya secara natural berkat sesi reading serta keleluasaan yang diberikan Aria. ”Contohnya pas adegan aku bertengkar sama Reza, kami dibiarkan run through sehingga emosinya nggak putus,” ujarnya.

TRIVIA

  • Selain ikut bermain, aktor senior Deddy Mizwar juga produser film ini.
  • Sejumlah pemain teater ikut berperan. Sebut saja Nano Riantiarno dan Ruth Marini.
  • Untuk judul, Aria mengaku mendapat hadiah alias usul dari Garin Nugroho. ’’Biasanya judul-judul film saya kan kayak Novel tanpa Huruf R atau Kentut,’’ katanya.
  • Ini kali kedua Leony bekerja sama dengan Aria. Sebelumnya, Leony bermain di film besutan Aria pada 2009, Identitas.
  • Leony mengungkapkan bahwa scene favoritnya adalah saat adegan klimaks di mana Angela dan Reza berselisih. ’’Di situ kami bener-bener 100 persen main,’’ katanya.

DATA FILM

Bidadari Mencari Sayap

Sutradara: Aria Kusumadewa

Penulis naskah: Aria Kusumadewa

Pemeran: Rizky Hanggono, Leony V.H., Deddy Mizwar, Nano Riantiarno, Djenar Maesa Ayu, dan Yenny Zhang.

Produksi: MD Pictures dan Citra Sinema

Genre: Drama

Durasi: 89 menit

Rating usia: 13+

Platform: Disney+ Hotstar

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : len/c12/nor




Close Ads